Ikuti Tahapan Ini, Proses Check In dan Pemeriksaan Keamanan di Bandara Bakal Mulus

Dengan maraknya layanan maskapai dengan biaya murah menjadikan frekuensi penerbangan meningkat untuk beberapa kalangan. Otomatis ini diikuti dengan sering bepergiannya orang dari dan menuju ke bandara. Namun, meski pesawat sudah banyak digunakan untuk perjalanan, tahukah Anda dewasa ini sebagian dari kita mungkin masih sering menemui kendala dengan cara check in dan  tahapan keamanan di bandara.

Baca juga: Tips – Sebelum Masuk ke Kargo Pesawat, Pastikan Koper Anda Cukup Kuat

KabarPenumpang.com merangkum dari laman t3.com (28/2/2018), ada tiga hal yang yang harus dilalui oleh penumpang dan ini cukup memakan waktu lama jika tidak tahu cara praktisnya baik dari prosedur check in, pemeriksaan keamanan hingga di gerbang (gate) sebelum masuk pesawat.

1. Check in
Untuk menghemat waktu, baiknya Anda sudah melakukan check in online. Sebab dengan check in online Anda hanya akan mendata diri kembali saat berada di konter. Biasanya ada beberapa maskapai juga yang sudah melayani boarding elektronik, sehingga tak lagi perlu memegang kertas untuk boardingnya.

Jika Anda bukanlah orang yang rewel dalam pemilihin tempat duduk pesawat, dipastikan duduk di kursi manapun tidak akan meminta perubahan. Tetapi jika memang biasa memilih tempat duduk yang nyaman, saat check in online Anda bisa memilih tempat duduk yang diinginkan.

Bila tidak sempat check in online, Anda bisa mengantri 20 menit sebelum check in dibuka. Yang jelas sebelum sampai di konter check in siapkan semua data baik tiket, paspor atau tanda pengenal dan barang bawaan yang akan masuk dalam bagasi untuk mempermudah Anda serta mempercepat antrian.

2. Pemeriksaan keamanan
Setelah check in dan mendapat boarding pass, penumpang akan menuju ke bagian pemeriksaan keamanan. Lama waktu pemeriksaaan tergantung dari Anda. Biasanya, saat di bagian pemeriksaaan keamanan, jaket, ikat pinggang atau gesper, koin, telepon selular hingga laptop harus melalui pemeriksaan keamanan. Pada pemeriksaan kemanan, khususnya pada penerbagan rute internasional, laptop biasanya harus dikeluarkan dari dalam tas.

3. Gerbang keberangkatan
Ini mungkin adalah tempat paling melelahkan apalagi harus menunggu pesawat. Jika waktu keberangkatan masih lama, baiknya Anda mencari kafe atau restoran untuk menenangkan diri sembari menunggu keberangkatan. Tapi, jangan sampai terbuai hingga panggilan terakhir dan membuat harus berlari-lari mengejar pesawat.

Baca juga: Pangkas Durasi Security Check, Ini yang Dilakukan Beberapa Bandara dan Maskapai

Sebelum masuk ke pesawat juga, penumpang harus mengantri di gerbang. Biasanya antrian ini cukup panjang jika Anda bukanlah jalur prioritas seperti kelas bisnis atau kelas satu. Meskipun sudah ada nomor kursi, tetap saja antrian ini cukup melelahkan.

Selain itu, biasanya dalam satu gerbang keberangkatan berisi dua penerbangan bahkan lebih. Jangan menjadi satu dengan kelompok lain, baiknya cari tempat duduk yang kosong sambil menunggu untuk naik ke pesawat Anda.