Hadirkan Layanan Sepeda Listrik di Negeri Paman Sam, Uber Akuisisi JUMP

Sumber: newatlas.com

Setelah beberapa waktu yang lalu warganet dihebohkan dengan akuisisi Grab terhadap Uber, kini perusahaan yang berbasis di San Francisco, California ini diketahui mulai menjajal moda lain yang dipercaya mampu menaikkan value dari perusahaan. Rencana pengadaan moda baru di armada Uber ini secara tidak langsung berkaitan dengan upaya pemerintah yang tengah memerangi polusi udara.

Baca Juga: Yuk Bersepeda, Mengurangi Polusi Sembari Membakar Kalori di Tubuh

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (11/4/2018), Uber rencananya akan menambahkan armada sepeda listrik ke dalam layanannya. Tentu saja, dalam upayanya untuk menghadirkan moda ini, Uber tidak melangkah sendiri. Perusahaan yang berdiri berkat jasa Travis Kalanick dan Garrett Camp ini mengakuisisi layanan electric bike-sharing, JUMP.

Sebelum diakuisisi Uber, JUMP yang merupakan sebuah startup berbasis di San Francisco ini diketahui sudah memiliki pangsa pasar sendiri. Bagi warga Washington DC yang hendak menggunakan sepeda listrik yang disewakan oleh JUMP, diharuskan untuk membayar US$2 atau yang setara dengan Rp27.500 per 30 menitnya.

Setelah selesai, para penyewa ini akan mengembalikan dan mengunci sepeda listrik tersebut di lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebelum mengakuisisinya, pihak Uber telah terlebih dahulu menimbang, apakah layanan tersebut nantinya akan berjalan mulus atau tidak. “Hari ini, kami secara bangga mengumumkan bahwa telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi JUMP Bikes, yang juga sudah kami uji di San Francisco,” tulis pihak Uber di laman resminya, Senin (9/4/2018). “Fokus kami adalah untuk mengembangkan smart technologies untuk smart cities,” imbuhnya.

Sementara itu, CEO dari JUMP, Ryan Rzepecki mengaku sangat antusias dengan langkah yang telah diambil oleh Uber. “Saya sangat senang ketika produk yang kami kembangkan dapat menjadi bagian dari Uber,” ungkap Ryan.

Nantinya, para pengguna Uber di Negeri Paman Sam akan menjumpai ikon sepeda di laman utama aplikasi Uber. Ketika ikon tersebut ditekan, maka aplikasi akan menampilkan peta yang dilengkapi dengan titik-titik penyewaan sepeda listrik JUMP. Dari sini, Anda bisa memilih salah satu dari spot penyewaan tersebut, dan memesannya.

Baca Juga: Swytch Conversion Kit, Ubah Sepeda Konvensional Jadi Sepeda Listrik

“Dengan adanya layanan sepeda listrik dari JUMP ini, para konsumen dapat menikmati kenyamanan dalam berkendara dan tentu saja ramah lingkungan,” jelas pihak Uber. Selain mempertimbangkan soal keramahan lingkungannya, Uber pun tidak menampik bahwa upaya yang dilakukannya ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas orang-orang yang tidak memiliki kendaraan pribadi. Bahkan mereka pun berharap supaya orang-orang dapat merubah kebiasaan menggunakan pribadi, dan beralih menggunakan layanan terpadu seperti Uber.

“Dengan mencapai angan dan tujuan tersebut, pada akhirnya akan berdampak pada situasi kota yang lebih kondusif. Kemacetan dan polusi secara bertahap akan berkurang,” tegasnya dalam lama resmi Uber. Sayangnya, pihak Uber masih enggan berkomentar kapan layanan serupa akan berkembang di kota lain.