English Electric Balloon, Tulang Punggung Sistem Trem di Blackpool

Sumber: Blackpooltram

Bagi Anda para pecinta film Harry Potter, tentu Anda akan familiar dengan bentuk dari moda ini. Di salah satu adegan di film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban, Harry menggunakan Knight Bus ketika dirinya hendak bertolak menuju Leaky Cauldron. Ya, kendaraan sihir yang ditunggangi Harry dan rombongan penyihir lainnya memiliki bentuk mirip dengan trem English Electric Balloon. Bedanya hanya terdapat pada desain bagian depan, jalur yang digunakan, dan jumlah tingkatnya saja.

Baca Juga: Ternyata, Tidak Hanya Bus yang Bertingkat, Trem Juga! 

Walaupun tidak sama, namun desain Knight Bus di seri ketiga Harry Potter ini dan trem English Electric Balloon sangatlah mirip, terutama pada bagian lekuk dari kedua moda ini. Nah, seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, English Electric Balloon merupakan jenis Double-Decker Tram yang dioperasikan oleh Blackpool Tramway. Memulai operasi pertamanya pada 10 Desember 1934, moda ini menjelma menjadi tulang punggung jaringan trem di Blackpool seiring berjalannya waktu.

Lambat laun, English Electric Balloon pun makin banyak diminati oleh warga Blackpool sehingga pada tahun 2012 kemarin, otoritas setempat mengkonversi moda ini menjadi light rail network yang modern. Sama seperti kehadiran sarana transportasi publik dewasa ini, di awal kemunculannya, English Electric Balloon ditujukan untuk menggantikan peran dari mobil-mobil pribadi seperti Dreadnought yang berseliweran di Blackpool kala itu.

Millennium Cars. Sumber: wikimedia

Dari total 27 armada yang beroperasi di awal kemunculannya, 13 trem ini memiliki desain atap yang terbuka, sedangkan sisanya beratap tertutup. Hampir keseluruhan moda yang mampu menampung penumpang hingga 94 orang ini memiliki satu buah pintu masuk yang langsung terkoneksi dengan tangga menuju dek atas. Di Blackpool sendiri, rute masing-masing moda ini ditandai dengan nomor yang tertera di badan trem, semisal 226, 712, 714, dan seterusnya. Seiring berjalannya waktu, modernisasi pun terus dilakukan agar moda ini tetap mengikuti tren yang berkembang.

Jubilee Cars. Sumber: istimewa

Sebut saja Jubilee Cars, hasil peremajaan dari English Electric Balloon pada periode 70-an. Perombakkan ini terjadi karena otoritas transportasi setempat melihat bahwa pengaplikasian One-Man Operated (OMO) dapat mempengaruhi jumlah penumpang di dalamnya. Tidak bisa dipungkiri, jumlah penumpang dari moda yang mampu melesat hingga kecepatan 69 km/jam ini terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Baca Juga: Ternyata, Trem Listrik di Jakarta Lebih Dulu Ketimbang di Belanda

Menyusul Jubilee Cars, ada Millennium Cars yang mengalami peremajaan direntang waktu 1998 hingga 2004. Perubahan dari moda ini terlihat dari bentuknya yang lebih memanjang sehingga dapat menampun lebih banyak penumpang di dalamnya. Di balik semua peremajaan yang dilakukan oleh operator English Electric Balloon, ada beberapa armada ayng dipertahankan keasliannya untuk berperan sebagai Heritage Cars.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami sejarah dari berbagai jenis trem yang popular di Tanah Britania, Anda bisa mengunjungi National Tramway Museum yang terletak di Derbyshire, Inggris.