DriveHER, Ride Sharing dengan Pengemudi Wanita dan Khusus Bagi Penumpang Wanita

Ilustrasi DriveHER (Toronto Star)

Aplikasi ride sharing seperti Uber, Lyft hingga InstaRyde dan lainnya yang kini beredar di dunia lebih di dominasi oleh pengemudi pria. Sedangkan untuk pengemudi wanita sangat jarang atau hanya sekian persen dari pria.

Baca juga: “Ojek Online” Hadir di Melbourne, Tawarkan Mobilitas Tinggi dan Rendah Emisi

Pada 16 Maret 2018 kemarin, baru saja diluncurkan aplikasi ride sharing dengan pengemudi wanita. KabarPenumpang.com melansir dari laman inbrampton.com (16/3/2018), bahwa ride sharing yang bernama DriveHER tersebut akan hadir di jalanan GTA atau Greater Toronto Area.

Adanya aplikasi ini dibuat untuk mendorong keamanan, pemberdayaan, komunitas, kejujuran dan hal lainnya. “Prioritas kami adalah memastikan keamanan setiap wanita dalam perjalanan mereka. Baik itu penumpang maupun pengemudinya,” ujar DriveHER melalui situs web perusahaannya.

DriveHER mengatakan, di industri taksi Kanada pengemudi di dominasi oleh pria dan bila di rata-ratakan sebanyak 81,5 persen. Hal ini membuat DriveHER ingin mengubah hal tersebut untuk memberdayakan wanita untuk berada di belakang kemudi.

“Aplikasi DriveHER sendiri, adalah konsep yang jelas dan menarik. Jadi kami akan melihat seberapa besar daya tarik masyarakat dengan adanya aplikasi ride sharing ini,” kata DriveHER.

DriveHER sendiri tidak akan menaikkan harga dan memiliki fitur unik dimana perusahaan memiliki rencana untuk terhubung ke tempat penampungan dan menyediakan tumpangan kendaraan gratis bagi wanita dan anak-anak yang melarikan diri dari tindakan kekerasan rumah tangga. Aplikasi ride sharing ini menambahkan, jika ada penumpang pria yang ikut dalam mobil mereka dengan memiliki arah yang sama namun berbeda tujuan, pengemudilah yang menentukan akan seperti apa.

“Mereka (pengemudi) bisa memutuskan untuk membawa mereka atau merujuk ke layanan lain seperti Uber atau taksi konvensional lainnya,” kata DriveHER.

Baca juga: Tanpa Tarif Batas Jadi Senjata Ompreng.com Menangkan Pasar Ride-Sharing

Mereka menambahkan, bila pengemudi mengangkut penumpang pria tersebut, maka penumpang itu harus keluar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk keselamatan penumpang wanita dimana mereka akan keluar yang paling terakhir.

Saat ini, DriveHER sudah membuka perekrutan untuk mengemudi bersama mereka. Tak hanya itu, perusahaan tersebut juga memiliki rencana untuk memperluas layanannya ke seluruh Kanada.