Di Argentina, Jalur Kereta Paling Selatan di Dunia ini Dulunya Bekas Akses Menuju Penjara

Sumber: patagonia.com.ar

Jika Obskaya – Karskaya Line yang terdapat di Rusia mendapat predikat sebagai jalur kereta paling utara di Bumi, lalu kira-kira ada dimana ya jalur kereta paling selatan di Bumi? Apakah di Kutub Selatan? Nampaknya jawaban tersebut kurang tepat, karena jalur terkait terletak di, Argentina. Ya, Southern Fuegian Railway disebut-sebut sebagai jalur kereta paling selatan yang ada di muka Bumi.

Baca Juga: Obskaya – Karskaya, Jalur Kereta Paling Utara yang Akan Bawa Anda ke Ujung Dunia!

Seperti yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah sumber, Southern Fuegian Railway atau yang kerap dijuluki Tren del Fin del Mundo (Train of the End of the World) ini merupakan jalur kereta uap dengan lebar rel 500 mm, yang terletak di Provinsi Tierra del Fuego, Argentina. Pada awalnya, jalur ini dibangun sebagai jalur pengiriman untuk melayani penjara Ushuaia, khususnya untuk mengangkut kayu. Namun seiring berjalannya waktu, jalur ini tidak lagi mengangkut kayu dan beralih fungsi menjadi sebuah heritage railway di Tierra del Fuego National Park.

Sumber: Espejismosur.tur.ar

Walaupun kini jalur kereta paling selatan di Dunia ini sudah berubah menjadi jalur wisata, namun sepenggal cerita suram mewarnai awal berdirinya Southern Fuegian Railway. Seperti yang sudah disinggung di atas, pada akhir abad ke-19, daerah Ushuaia di Isla Grande de Tierra del Fuego berkembang menjadi daerah pengasingan bagi narapidana, dengan kloter tahanan pertama tiba pada tahun 1884.

Di tahun 1902, barulah serangkaian pekerjaan dibebankan kepada narapidana untuk membangun sebuah penjara. Guna memudahkan dan mempercepat proses pembangunan, sebuah rel dibangun yang dikhususkan untuk mengangkut bahan bangunan seperti bebatuan, pasir, dan kayu. Dalam catatan sejarah, kala itu bentang rel yang digunakan masih menunjukkan angka 1000 mm.

Tren del Fin del Mundo Jaman Dulu. Sumber: Wikipedia

Tujuh tahun berselang, kepala penjara menginstruksikan pemerintah untuk melakukan peningkatan jalur dengan menggunakan rel dengan bentang 600mm dan permohonan akan penggunaan lokomotif uap. Tak butuh waktu lama, seluruh permintaan kepala penjara pun dituruti oleh pemerintah.

Gempa dahsyat yang melanda Tierra del Fuego pada tahun 1949 melumpuhkan jalur kereta penjara tersebut. Kendati demikian, pemerintah setempat bersikukuh untuk membersihkan jalur dan mengaktifkan kembali jalur tersebut, walaupun Penjara Ushuaia sudah tidak beroperasi sejak 1947. Sayangnya setelah jalur tersebut sudah siap untuk digunakan kembali, tidak ada layanan kereta yang melintasinya dan ditutup pada tahun 1952.

Rel kayu Tren del Fin del Mundo Jaman Dulu. Sumber: wikipedia

Berpuluh tahun setelah pensiun dari masa operasi, pada tahun 1994, Southern Fuegian Railway kembali mengalami renovasi dan bentang rel mereka kembali menyusut ke angka 500mm. Tidak lagi menjadi jalur yang melayani kereta penjara, melainkan jadi kereta wisata berbalut layanan super mewah. Layanan kereta mewah bernama Tren del Fin del Mundo (Train of the End of the World) ini membawa penumpang menyusuri Pico Valley di ngarai Toro dan menuju ke Stasiun Cascada de la Macarena.

Baca Juga: Jalur Kereta di Sulawesi, Nyaris Tak Terdengar Tapi Ada Bukti Jejak Sejarahnya

Julukan jalur kereta paling selatan di Dunia ini secara tidak langsung turut menyeret nama Stasiun Cascada de la Macarena yang kini banyak dijuluki orang sebagai stasiun kereta paling selatan di muka Bumi.