‘Cicil’ Pemasangan WiFi Onboard di Penerbangan Domestik, Qantas Targetkan Rampung di Akhir 2018

Sumber: Qantas

Dalam usahanya untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang, Qantas Airways mengungkapkan bahwa mereka telah memasangkan Wi-Fi di armada penerbangan domestiknya. Adapun pemasangan WiFi ini dilakukan secara bertahap, yaitu satu pesawat per-minggu. Dengan  begitu, pihak flag carrier Australia ini memprediksi pemasangan tersebut akan selesai sepenuhnya pada akhir tahun 2018 ini.

Baca Juga: Qantas Airways – The “Flying Kangaroo” Rajai Maskapai Teraman di Dunia

Seperti yang diwartakan KabarPenumpang.com dari laman zdnet.com (22/2/2018), diketahui maskapai berlogo kangguru ini memiliki 22 pesawat Boeing 737-800 yang dilengkapi dengan teknologi konektivitas. Angka tersebut setara dengan 30 persen dari keseluruhan armada Boeing 737 yang mereka miliki. “Dengan Qantas Domestic, kami melihat keuntungan dari investasi untuk menghasilkan pertumbuhan margin melalui perbaikan dan peningkatan layanan seperti menghadirkan jaringan WiFi dan upgrade kabin,” ungkap CEO Qantas, Alan Joyce.

Menurut kabar yang beredar, Qantas akan memasangkan WiFi di seluruh armada Airbus 330 dan Boeing 737 yang ada di rute penerbangan domestik mereka. Pihak Qantas telah mengungkapkan sebuah pandangan yang lebih jauh mengenai kehadiran WiFi di dalam penerbangan yang mereka layani. “Kami sedang menunggu teknologi yang lebih baik, yang memungkinkan kami untuk memasang WiFi berkecepatan tinggi untuk rute internasional yang kami layani,” imbuh Alan.

Maskapai asli Negeri Kangguru ini secara komersial telah meluncurkan free-in-flight Wi-Fi dalam mode beta on-board pada armada Boeing 737 VH-XZB, yang melayani penerbangan domestik Melbourne, Sydney, dan Brisbane pada awal April2017 silam. Peluncuran tersebut dilakukan setelah melewati serangkaian uji coba langsung sebelumnya. Hasilnya tidak mengecewakan, kecepatan download berkisar antara 2,57 Mbps hingga 7,24 Mbps. Sedangkan kecepatan upload berkisar antara 0,26 Mbps hingga 0,61 Mbps.

Perkembangan demi perkembangan terus dilakukan oleh Qantas, hingga pada uji coba yang dilakukan pada awal bulan Februari 2018 kemarin, Qantas berhasil mengkoneksikan sekitar 140 penumpang dengan jaringan WiFi terbarunya. Hasilnya pun mengejutkan, dimana kecepatan download berkisar antara 7Mbps hingga 12Mbps.

Baca Juga: April 2018, Qantas Buka Penerbangan Langsung Perth – London

Pertumbuhan angka tersebut semakin mendekatkan Qantas dengan ekspektasinya di awal, dimana kecepatan download mampu mencapai angka 20 Mbps. Untuk masalah penyedia layanan WiFi, Qantas menambatkan pilihannya pada perusahaan komunikasi yang berbasis di California, ViaSat. Sementara untuk fasilitas hiburan dalam penerbangan, Qantas bekerja sama dengan sejumlah perusahaan ternama, seperti Foxtel, Stan, Netflix, dan Spotify.

Qantas memprediksi, setelah pemasangan sistem WiFi baru di armada Airbus 330 dan Boeing 737 rampun pada akhir tahun 2018 ini, sekitar 15 juta penumpang Qantas setiap tahunnya dapat menkmati layanan WiFi on-board berkecepatan tinggi secara gratis. Kita tunggu saja!