Bandara Cape Town Berubah Nama di Wikipedia Menjadi Bandara Internasional Winnie Madikizela-Mandela

Bandara Internasional Cape Town berubah menjadi Bandara Internasional Winnie Madikizela-Mandela (GetWebs.org)

Apa jadinya jika sebuah bandara berubah nama dan Wikipedia menyetujuinya serta ikut mengganti? Ya, ini baru saja terjadi pada Bandara Internasional Cape Town yang berubah nama menjadi Bandara Winnie Madikizela-Mandela.

Baca juga: Sah! Stasiun Sudirman Baru Ganti Nama Jadi Stasiun BNI City

Pasalnya, pengubahan nama tersebut setelah Pemimpin Front Kebebasan Ekonomi atau Economic Freedom Front (EFF) Julius Melma menyerukan agar bandara Cape Town diganti namanya saat pemakaman Winnie Madikizela-Mandela di stadion Orlando di Johannesburg, Sabtu (14/4/2018). KabarPenumpang.com melansir dari laman capetownetc.com (15/4/2018), bahwa penggantian nama Bandara Internasional Cape Town di setujui setengah jam kemudian oleh Wikipedia yang mengubah rincian di halaman bandara tersebut.

Wikipedia menuliskan Bandara Internasional Winnie Madikizela-Mandela sebelumnya dikenal sebagai Bandara Internasional Cape Town. Diketahui, selama pidatonya, Malema meminta ANC untuk menghormati Winnie dengan mengganti nama bandara.

Adanya perubahan ini juga karena masyarakat yang menuliskan petisi meminta Presiden Cyril Ramphosa untuk perubahan. Petisi tersebut berada di situs Change.org yang menyatakan “Winnie Madikizela-Mandela, Ibu dari Bangsa, harus dihormati untuk kepemimpinannya dalam perjuangan kemerdekaan untuk mengakhiri Apartheid.”

“Bandara Internasional Cape Town harus diganti namanya menjadi Bandara Internasional Winnie Madikizela-Mandela untuk menghormatinya atas semua pengorbanan, kesulitan dan siksaan yang dia tanggung pada semua orang Afrika Selatan untuk mengakhiri Apartheid, kejahatan terhadap kemanusiaan.”

Sebelum adanya petisi, gagasan untuk mengubah nama bandara, bagaimanapun telah mengumpulkan banyak perbincangan di media sosial yang meminta nama bandara Cape Town diubah untuk mengenang Winnie. Dalam lampiran di Wikipedia Bandara Internasional Winnie Madikizela-Mandela adalah satu-satunya bandara di wilayah metropolitan Cape Town yang menawarkan layanan penumpang terjadwal. Beberapa masyarakat menuliskan di akun Twitter mereka tentang nama bandara baru ini.

Baca juga: Ternyata 9 Jenis Barang Ini Sering Tertinggal di Bandara Lho!

“Perubahan nama Bandara Internasional Cape Town adalah apropos karena ibu kota akan benar-benar MENJADI ibu kota bandara tepat dinamakan setelah uMam ‘Winnie Madikizela Mandela,” tulis @sungodess.

Jika di telisik dalam lampiran Wikipedia Bandara ini memiliki terminal domestik dan internasional. Dalam sejarahnya bandara Winnie Madikizela-Mandela dibuka pada tahun 1954.

Winnie Madikizela-Mandela merupakan istri dari Nelson Mandela sejak 1958 hingga keduanya berpisah pada Maret 1996 lalu.