Aira, Aplikasi Pembantu Penyandang Tuna Netra di Bandara

Aplikasi Aira yang membantu penyandang tuna netra di bandara (aira.io)

Bandara, menjadi salah satu tempat dimana keluar masuknya pelancong dengan menggunakan pesawat baik untuk berlibur atau hanya sekedar urusan bisnis. Namun, banyak sekali tanda dan arah yang terkadang membuat pengunjung maupun penumpang bingung dengan hal tersebut.

Baca juga: TripIt, Aplikasi Pemantau Panjang Antrean di Konter Keamanan Bandara

Hal ini saja sudah membuat bingung penumpang dengan penglihatan normal, bagaimana dengan pengunjung dan penumpang yang memiliki kekurangan dan keterbatasan penglihatan seperti para tuna netra? KabarPenumpang.com melansir dari laman king5.com (26/3/2018), bahwa kini ada aplikasi yang bisa membantu penyandang tuna netra buatan Aira.

Aplikasi ini mampu membantu mengarahkan penyandang tuna netra ke arah atau tujuan mereka di dalam bandara tersebut. Aplikasi ini untuk pertama kalinya digunakan di Bandara Internasional Seattle-Tacoma atau yang biasa di sebut Sea-Tac, Amerika Serikat.

Para penumpang penyandang tuna netra ini, dapat menggunakan aplikasi dari smartphone mereka yang terhubung dengan agent yang bisa membantu melalui streaming audio dan video. Agent memberikan peta bandara dan lokasi tempat orang-orang berkumpul di bandara. Kemudian kamera ponsel yang terhubung dengan kacamata khusus di arahkan kedepan sehingga gambar dari situasi bisa diberitahukan kepada penyandang tuna netra secara real time yang sedang terjadi saat itu.

Agent akan mengarahkan pengguna untuk berbelok ke kiri maupun ke kanan atau menggerakkan kamera untuk mendapakan pandangan yang lebih baik. Aplikasi buatan Aira ini bukanlah gratis, melainkan membebankan biaya bulanan ke pengguna.

Ternyata, tak hanya Aira, American Printing House juga memiliki aplikasi Blind’s yakni Nearby Explorer. Aplikasi ini adalah layanan pencarian jalan seluler dengan GPS yang dikembangkan khusus untuk pengguna dengan gangguan penglihatan atau penyandang tuna netra.

Aplikasi ini bisa digunakan di sekitaran Bandara Internasional Louisville. Aplikasi tersebut terkonektivitas dengan Bluetooth, data OpenStreetMap dan lebih dari 140 tanda di dalam terminal untuk memberikan panduan audio terperinci yang disampaikan melalui smartphone pengguna.

Baca juga: Di Bandara Schiphol, Calon Penumpang Bisa Pesan Makanan Online Yang Diantar via Kurir

Dengan Nearby Exlorer ini, pengguna bisa lebih interaktif melangkah baik itu ke konter check in, gate, toko maupun restoran di sepanjang bandara. Adanya aplikasi tersebut, memudahkan pelancong agar tidak harus selalu bergantung kepada penumpang lain ataupun petugas di bandara yang tidak selalu mudah ditemukan.

Nearby Explorer sekarang baru tersedia di perangkat iOS dan untuk Android akan menyusul. Untuk mendapatkannya bisa di unduh dari App Store dengan harga US$79,99 atau sekitar Rp1,1 juta.