TripIt, Aplikasi Pemantau Panjang Antrean di Konter Keamanan Bandara

Ilustrasi orang yang menunggu di keamanan bandara

Biasanya waktu terbuang paling lama di bandara adalah saat melakukan pemeriksaan keamanan. Hal ini terkadang membuat jenuh apalagi jika saat pemeriksaan banyak penumpang dan harus menuggu giliran yang cukup panjang. Sebuah aplikasi terbaru TripIt hadir untuk memudahkan Anda dalam memantau penantian di keamanan di konter bandara secara real time.

KabarPenumpang.com melansir dari laman lifehacker.com (26/1/2018), aplikasi ini bisa digunakan para pelancong untuk mengetahui secara pasti berapa lama mereka bisa sampai ke gerbang pemeriksaan, bahkan hingga hitungan menit.

Baca juga: Enam Teknologi Ini Jadi Benchmark Kemajuan Bandara di 2018

Sebenarnya Transportation Security Administration (TSA), otoritas keamanan transportasi di AS sudah mempublikasikan perkiraan waktu tunggu di jalur keamanan. Namun TSA tidak memperbaharuinya secara berkala sehingga ini tak selalu bisa diandalkan.

TripIt bekerja bergantung pada sensor yang dipasang di pos pemeriksaan keamanan bandara. Sensor inilah yang yang mengirim informasi ke TripIt yang kemudian memberikan prediksi waktu tunggu yang akurat.

Melalui TripIt, bisa memudahkan pelancong memeriksa waktu tunggu dalam pemeriksaan keamanan saat ini di berbagai pos pemeriksaan seluruh terminal dan memastikan berada di jalur paling cepat bergerak diantara yang lain. Fitur terbaru tersebut selain menawarkan informasi yang real time tentang keamanan bandara, juga memberikan peringatan dan pemberitahuan tiga jam sebelum keberangkatan Anda.

“Waktu yang terbuang di bandara benar-benar bertambah terutama bagi wisatawan yang sering bepergian. Dengan TripIt Pro ini akan membawa kita selangkah lebih dekat ke tujuan dan mengeluarkan Anda dari pintu dan bergerak ke gerbang lebih cepat,” ujar Jen Moyse, direktur produk untuk TripIt.

Sayangnya TripIt kini baru tersedia di empat bandara AS, yakni Bandara Internasional Austin-Bergstrom, Bandara Internasional Denver, Bandara Internasional Orlando, dan Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor. Kedepannya TripIt akan ada untuk bandara lain, namun belum jelas kapan pastinya untuk bandara lain.

Baca juga: Takut Tersasar di Bandara Asing? Pakai Fitur Terbaru dari Apple Maps!

Tak hanya baru ada di empat bandara, TripIt sebenarnya bisa digunakan dalam versi gratis alias tak berbayar, namun untuk mendapat pembaruan ini pelancong harus mebayar US$45 atau Rp599 ribu per tahunnya. Sebenarnya, aplikasi TripIt dimaksudkan untuk pelancong yang sering bepergian, bukan untuk sekali jalan atau liburan keluarga satu tahun sekali.