Viral Suzuki Jimny Nongkrong di Atas Rel LRT Sumatera Selatan. Ada Apa?

Sumber: liputan6.com

Setelah pemberitaan terakhir menyebutkan bahwa kekuatan sosial media Twitter mampu menggagalkan kasus human trafficking di India, kini jagat sosial media Instagram di Indonesia berhasil menyedot perhatian publik. Bukan karena berhasil menggagalkan kasus kriminal seperti di India, melainkan ada penampakan unik di atas jalur Light Rapid Transit (LRT) Sumatera Selatan. Kira-kira apa ya?

Baca Juga: Hanya dengan Lima Stasiun Utama, LRT Palembang Siap Beroperasi Saat Asian Games 2018

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman brilio.net (6/7/2018), sebuah akun instagram dengan nama pengguna @suzukijimnyindonesia mengunggah sebuah foto mobil Jimny tengah berada di atas jalur LRT Sumatera Selatan. Caption dari unggahan tersebut pun menyiratkan tanda tanya besar di benak setiap orang yang melihatnnya.

“Sesuai dengan slogan kebesaran dan kebanggaan #JIMNY “YOU CAN GO FAST, BUT I CAN GO ANYWHERE” Mungkin admin @ditjenperkeretaapian bisa menjelaskan maksud dan tujuan jimny ini? Biar kita bisa tau hehehe Terimakasih Min”

Begitulah kurang lebih keterangan yang dicantumkan oleh akun @suzukijimnyindonesia dalam postingan yang diunggah pada Kamis (5/7/2018) tersebut. Dalam postingan itu sendiri, tampak sebuah mobil Suzuki Jimny berwarna biru langit, lengkap dengan seorang pengemudi di dalamnya. Selain itu, tampak pula sebuah alat pada bagian depan mobil yang terkenal bandel ini.

Tenang dulu, Anda jangan langsung berpikiran yang aneh-aneh ketika melihat postingan tersebut. Karena melalui akun instagram miliknya, Ditjen Perkeretaapian menjelaskan bahwa mobil Jimny tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa dan digunakan untuk mobilisasi serta pengujian atau inspeksi jalur LRT Sumatera Selatan yang rencananya akan mulai beroperasi dalam waktu dekat ini.

“Jimny digunakan untuk inspeksi prasarana LRT Samsel, yakni third rail untuk power supply LRT serta mobilisasi di atas track dan untuk clear area (pengecekkan) di atas rel sebelum kereta berjalan,” terang akun @ditjenperkeretaapian.

Baca Juga: Kebut Persiapan Asian Games 2018, PT INKA Mulai ‘Cicil’ Pengiriman LRT Palembang

Lalu mengapa mesti mobil Jimny? Mengapa tidak mobil lain saja? Menjawab pertanyaan tersebut, seorang netizen menimpalinya dengan sangat sederhana. “Lebar track kereta api di Indonesia hanya cocok dengan jarak antarban (wheel track) di Jimny. Mobil lain tak cocok karena terlalu lebar. Suzuki Jimny 4×4 traksinya cukup baik untuk menarik beban berat sehingga tidak selip,” unggah akun @SuryaSBK.