Tumpangi Truk Karena Gratis? Lebih Baik Tidak Daripada Celaka

Truk Tangki Pertamina

Mungkin sebagian orang berpikir menumpang truk adalah sesuatu yang unik, irit ongkos dan sebagainya. Terlebih model menumpang truk sering diperlihatkan di film-film Hollywood. Tapi ada ketentuan khusus bagi truk pembawa tangki bahan bakar, bahwa dilarang menumpang pada jenis truk ini. Terkadang hal ini membuat pemikiran Anda terhenti sejenak untuk bertanya kenapa dan apakah ada pengaruhnya bila menumpang?

Baca juga: Pacu Konektivitas Infrastruktur, Jokowi Minta Pelayanan di Pelabuhan Bakauheni Ditingkatkan

Dari penelusuran dan rangkuman yang KabarPenumpang.com lakukan, ternyata banyak masalah terjadi bila Anda mencoba untuk menumpang pada sebuah truk. Salah satunya adalah Anda tidak tahu bagaimana kondisi truk saat itu, apakah aman untuk menaikinya atau tidak. Biasanya ini dilakukan oleh penumpang gelap truk alias penumpang yang sering ikut dalam truk berada di bagian belakang truk, dan mereka tidak tahu kondisi truk dan pengemudinya. Bila ditelusuri dari semua truk yang paling mudah untuk ditumpangi adalah yang bagian belakangnya terbuka.

Contohnya yakni para penggemar sepak bola yang akan berangkat ke suatu tempat dan dengan sengaja atau tidak justru naik ke atas truk terbuka. Ini bisa menjadi bahaya bukan pada pengemudi truk melainkan penumpang. Sebab, bila terjadi sebuah kecelakaan, pengemudi tidak bisa disalahkan, apalagi bila Anda dengan sengaja naik ke belakang truk.

Baca juga: Jelang Angkutan Lebaran, KNKT Himbau Penyedia Transportasi Darat Tinjau Standar Kelayakan

Seperti halnya truk terbuka, truk pengangkut bahan bakar baik minyak ataupun gas lebih tegas dalam membawa angkutan selain pengemudi dan petugas. Apakah Anda kembali berpikir kenapa truk pengangkut bahan bakar gas lebih tegas dalam hal ini? Jawabannya adalah bahan bakar gas lebih mudah terjadi sesuatu di dalamnya. Contohnya seperti truk milik Pertamina yang mengangkut bahan bakar gas tak segan-segan memperlihatkan pernyataan dilarang menumpang dan merokok pada truknya.

Bukan hanya untuk menjaga keselamatan pengemudi saja, melainkan untuk keselamatan orang yang akan menumpang, dengan tulisan ini pun sebenarnya Anda sebagai yang akan menumpang bisa berpikir akibatnya. Sebab, bahan bakar jika tersulut api sedikit pasti akan terbakar dan meledak, sehingga bila seorang yang menumpang tidak mengerti aturan saat naik dalam truk pengangkut bahan bakar akan terjadi hal yang tak diinginkan. Maka, baiknya hindari menumpang pada truk apalagi truk bahan bakar.

Baca juga: Dipandang Tak Manusiawi, Kereta Sapu Jagad Kini Tinggal Kenangan

Kesalahan fatal adalah menumpang pada truk apapun jenisnya, sebab truk bukanlah angkutan penumpang yang bisa seenaknya saja digunakan oleh para penumpang. Melainkan kendaraan pengangkut barang baik barang logistik, tambang ataupun bahan bakar. Selain itu, dengan menumpang truk Anda tidak memiliki keamanan yang lebih dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus.