Terkoneksi Dengan Gadget, Ujet Hadirkan Asymmetrical Smart Scooter

Sumber: Ujet

Mungkin tidak terbayangkan oleh Anda bagaimana jadinya jika sepeda motor bisa menjadi moda transportasi yang terintegrasi dengan smartphone dan juga ramah lingkungan. Tapi Anda jangan dulu menyangkal pernyataan di atas, karena faktanya ada sebuah perusahaan yang tengah memberikan beberapa sentuhan akhir terhadap pengembangan teknologi tersebut dan siap untuk mengambil bagian di jalanan. Sudah barang tentu, inovasi ini akan mencuri perhatian siapa saja yang meliriknya.

Baca Juga: Swytch Conversion Kit, Ubah Sepeda Konvensional Jadi Sepeda Listrik

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (13/1/2018), sebuah perusahaan bernama Ujet menelurkan inovasi berupa sepeda motor listrik yang terkoneksi langsung  dengan smartphone Anda. Sepeda motor yang bernama sama dengan perusahaan ini sontak mengundang decak kagum para pengunjung Consumer Electronics Show 2018 (CES 2018) yang diadakan di Las Vegas.

Sumber: newatlas

Dalam pagelaran dimana sepeda motor ini pertama kali dipertontonkan ke publik, pihak Ujet membeberkan kelebihan masterpiece-nya ini. Anda dapat ‘membuka kunci’ Ujet dengan menggunakan aplikasi yang sebelumnya harus diunduh terlebih dahulu melalui gadget Anda. Setelah melakukan berbagai personalisasi terhadap sepeda motor dan gadget, Anda dapat membuka berbagai platform sosial media, menggunakan maps, hingga menggunakan kamera yang terdapat di depan sepeda motor untuk merekam perjalanan Anda.

Tidak berhenti sampai di situ, Ujet Smart Scooter yang memiliki konstruksi asimetris ini juga menggunakan tenaga listrik, dimana hal tersebut akan menunjang Ujet sebagai sepeda motor yang lebih ramah lingkungan ketimbang sepeda motor konvensional lainnya yang masih menggunakan bahan bakar bensin. Walaupun kecepatannya tidak bisa menyaingi sepeda motor konvensional (maksimal 45 km/jam), namun bukanlah kecepatan yang menjadi daya jual utama Ujet, melainkan aksesibilitas dan keramahan lingkungannya.

Sumber: Ujet

Untuk masalah isi ulang daya, Anda cukup membuka bagian bagasi dan mencolokkan kabel pada stop kontak terdekat. Pihak ujet sendiri menyediakan dua jenis baterai yang terbagi dari jarak tempuhnya, yaitu 70km dan 150km. Tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisi daya sepeda motor cerdas ini, cukup dua jam saja hingga baterai berada dalam kondisi fully charged. Jika kabel yang disediakan oleh pihak Ujet tidak dapat mencapai stop kontak, Anda tidak perlu bingung, karena kesatuan baterai yang menempel dan terletak di bawah jok pengemudi ini dapat dengan mudah dilepas dan dibawa kemana-mana.

Baca Juga: Niat Atasi Polusi, Mantan Pemilik Toko Sepeda ini Hadirkan Light Electric Vehicle

Lalu, bagaimana jika tidak ada lahan parkir untuk sepeda motor ini? Mudah! Cukup lipat Ujet smart scooter sesuai dengan buku panduan dan sepeda motor ini pun akan menciut sehingga tidak menghabiskan lahan parkir.

Ujet yang berbasis di Luksemburg ini berencana untuk meluncurkan smart scooter-nya di beberapa kota besar di Eropa, seperti Paris, Barcelona, dan Amsterdam pada paruh pertama tahun 2018. Sedangkan untuk wilayah Amerika Serikat dan Asia akan diluncurkan pada paruh kedua 2018. Menyinggung soal harga, Ujet mematok $8.900 (sekitar Rp119 juta) untuk Ujet Smart Scooter berdaya tempuh 70km, dan $9.900 (sekitar Rp132 juta) untuk yang berdaya tempuh 150km. Terdapat enam pilihan warna yang dapat Anda pilih sesuai selera. Tertarik untuk memilikinya?