Swytch Conversion Kit, Ubah Sepeda Konvensional Jadi Sepeda Listrik

Sumber: newatlas.com

Bagi sebagian orang, bersepeda merupakan aktifitas yang tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga memberikan dampak yang positif pada lingkungan karena tidak menimbulkan polusi layaknya kendaraan lain. Namun jarak tempuh yang cukup jauh menjadi alasan di balik penggunaan sepeda listrik, yang disinyalir memiliki fungsi yang serupa dengan sepeda konvensional, hanya saja ada penambahan beberapa elemen elektronik yang memungkinkan sepeda bergerak tanpa dikayuh.

Baca Juga: Supaya Tak Kehujanan Saat Bersepeda, Payung Under Cover Solusinya

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (15/11/2017), Anda tidak perlu menjual sepeda konvensional Anda untuk mendapatkan sebuah sepeda listrik, cukup menggunakan Swytch eBike Conversion Kit. Ini merupakan inovasi yang memungkinkan para pengguna sepeda konvensional merubah modanya menjadi sebuah sepeda listrik, tanpa harus melakukan perombakan besar-besaran.

Mungkin dibutuhkan waktu yang agak lama untuk merubah ban biasa menjadi ban sepeda listrik, dan itu terkesan tidak terlalu efektif. Maka dari itu, Swytch menawarkan sebuah teknologi yang dapat memasok energi listrik berkekuatan 36V/250W ke roda depan sepeda. Jadi Anda tetap bisa mengayuh sepeda tersebut, dan menggantinya ke mode elektrik jika Anda sudah mulai lelah.

Quick-connect bracket yang terpasang di roda akan menghubungkan motor penggerak bertenaga listrik dengan sensor yang ada di power bag (bagian dari komponen Swytch eBike Conversion Kit) ini memungkinkan Anda untuk mengubah mode sepeda dengan sangat mudah dan cepat. Ketika Anda hendak memarkirkan sepeda, power bag ini juga bisa dengan mudah dilepas untuk menghindari tindak kriminal yang mungkin saja terjadi.

Pada dasarnya, Anda cukup mengganti ban depan yang sudah dilengkapi dengan motor penggerak yang berfungsi sebagai ‘reseptor’ pada bagian poros roda depan, dan memasangkan komponen pelengkap yang menggantikan fungsi dari rem depan. Setelah semua komponen teknis penunjang pengoperasian terpasang, Anda cukup menghubungkan semua komponen tersebut ke power bag yang disimpan pada bagian depan sepeda dengan menggunakan kabel, dan sepeda listrik itu siap untuk digunakan.

Baca Juga: Spektakuler! Utrecht Bangun Fasilitas Parkir Sepeda Terbesar di Dunia

Kecepatan maksimum yang dapat dihasilkan oleh sepeda listrik ini adalah 20 mph atau setara dengan 32 km per jam. Belum ditentukan kapan Swytch eBike Conversion Kit ini akan dirilis, namun dilansir dari laman sumber, harga yang dikenakan untuk seperangkat alat ini berkisar US$ 650 atau setara dengan Rp8,9 juta. Apakah Anda tertarik untuk memilikinya?