Satu Hari Lebih Cepat, Rangkaian MRT Jakarta Tiba Hari Ini di Tanjung Priok

MRT Jakarta

Akibat cuaca buruk di kawasan Laut Cina Selatan, jadwal kedatangan rolling stock atau kereta untuk Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mengalami pemunduran jadwal, dari yang seharusnya tiba pada akhir Maret 2018, kemudian direvisi menjadi tiba 5 April 2018. Namun kenyataan pengiriman MRT gelombang pertama ini bisa sampai lebih cepat. Tepatnya hari ini (4/4/2018) pada pukul 05.00 WIB kapal kargo pembawa rolling stock MRT telah merapat di dock 101 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Baca juga: Progres MRT Jakarta Tak Terlalu Signifikan, Rolling Stock Terlambat Tiba Karena Kendala Cuaca

Tapi sebelum bisa pindah tangan kepada pihak MRT Jakarta, kereta ini harus melalui proses bea cukai dan pembongkaran muatan sebelum rolling stock dikeluarkan dari Vessel. Dua rangkaian kereta tersebut akan diturunkan dari kapal kargo pada Kamis 5 April 2018 kemudian dilakukan pengiriman ke depo Lebak Bulus menggunakan multi-axle trailer.

Dari siaran pers yang diterima KabarPenumpang.com (4/4/2018), proses pengiriman dua rangkaian kereta tersebut akan berlangsung hingga tanggal 8 April 2018 mendatang dari pukul 22.00-05.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak kepadatan lalu lintas ibu kota.

Sebelum tiba di Indonesia, dua rangkaian kereta tersebut telah dilakukan serangkaian uji coba dan simulasi pengiriman sejak Februari 2018 lalu. Kereta MRT tersebut bukanlah kereta bekas, melainkan kereta baru yang dibuat oleh perusahaan kereta api Nippon Sharyo, Jepang.

Setelah dua rangkaian tiba, untuk 14 rangkaian kereta lainnya akan mulai dikirim pada akhir Juni ini dan di targetkan Oktober 2018 mendatang seluruhnya yakni 16 rangkaian kereta MRT Jakarta akan tiba di Jakarta dan disiapkan untuk mengikuti rangkaian proses trial run. Di fase 1, PT MRT sendiri menyiapkan 16 rangkaian kereta dengan 14 kereta akan digunakan serta dua lainnya menjadi cadangan.

Baca juga: Lima Wanita Tangguh Jadi Masinis MRT Jakarta

Nantinya pada Maret 2019 mendatang, MRT Jakarta fase 1 akan beroperasi dari pukul 05.00 hingga 24.00 WIB. Untuk rentang waktu kedatang antar kereta di stasiun sekitar lima menit saat jam sibuk dan sepuluh menit di waktu biasa.