Per 1 April, PT KCJ Buka Rute Tanah Abang – Rangkasbitung

KAORI Nusantara

Kabar baik untuk para pecinta commuterline yang tinggal di daerah Rangkasbitung, Banten, Jawa Barat. Pasalnya, commuterline membuka rute baru pada 1 April kemarin dengan rute Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkasbitung. Dengan memperluas rutenya hingga ke Rangkasbitung, PT KAI Commuter Jakarta (KCJ) berharap melayani 1,2 juta penumpang tahun 2019 mendatang.

Sebelumnya, commuterline rute Tanah Abang hanya sampai stasiun Maja, setelah penambahan rute hingga Rangkasbitung, saat ini ada dua stasiun tambahan setelah Maja yakni Citeras dan Rangkasbitung.

“Kami telah menyiapkan semua infrastruktur yang diperlukan untuk mendukung perluasan rute kedua stasiun baru seperti mesin ticketing, platform dan lainnya,” ujar Direktur Utama PT KCJ Muhammad Nurul Fadhila yang dikutip dari TheJakartaPost.com (30/3).

www.krl.co.id
www.krl.co.id

Sebelum pembukaaan resmi pada 1 April lalu, pihak KCJ juga sudah menguji coba jalur tersebut. Dilansir dari krl.co.id, pada rute baru ini yang sebelumnya menuju Rangkasbitung menggunakan kereta lokal dan beroperasi hanya beberapa kali sehari, setelah adanya commuterline akan ada 35 layanan rute commuterline dari Tanah Abang menuju Rangkasbitung.

Tarif yang akan dikenakan pada penumpang baik dari Rangkasbitung maupun Citeras adalah tarif progresif sehingga penumpang hanya perlu membayar Rp8 ribu untuk perjalanan sepanjang 72,2km dari Rangkasbitung menuju Tanah Abang.

Semua penumpang, akan mendapatkan fasilitas yang sama danĀ tersedia pada rute serta stasiun lainnya. Dengan adanya perpanjangan rute ini, saldo minimum Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu pembayaran lainnya seperti E-money, Brizzi, TapCash dan Flash yang tadinya RP12 ribu naik menjadi Rp13 ribu.

Meskipun begitu, pengguna setia commuterline tak perlu khawatir kehabisan tiket, karena KRL tidak mengenal pembatasan tiket. Commuterline dengan 35 layanan perjalanan ini kereta pertama berangkat dari Rangkasbitung pukul 04.00 WIB sedangkan dari Tanah Abang pukul 05.00 WIB dan pemberangkatan terakhir dari Tanah Abang menuju Rangkas Bitung pukul 21.45 WIB. Waktu antar kereta atau headway di lintas Tanah Abang – Rangkasbitung sekitar 30-60 menit.