Penumpang Emirates Kini Bisa Mandi Shower Selama Penerbangan, Khusus Kelas Satu Lho!

Sumber: chicfamilytravels.com

Melakukan penerbangan jarak jauh bukanlah perkara mudah. Walaupun ada dua jenis penerbangan yang dapat kita pilih, direct atau indirect (transit), namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lelah selama perjalanan pun tidak bisa dipungkiri. Perasaan gerah membuat kita seakan tidak sabar untuk segera tiba ditujuan dan menyegarkan diri. Relaksasi seperti mandi di bawah shower merupakan opsi yang paling banyak dipilih oleh kebanyakan orang.

Baca Juga: Emirates Hadirkan Aplikasi Augmented Reality di Udara, Bisa Diakses dari Smartphone Android dan iOS

Ini pula yang sempat menjadi tawaran khusus oleh salah satu maskapai raksasa, Emirates. Menyadari perjalanan jauh yang melelahkan, pihak Emirates lalu memperkenalkan layanan kamar mandi lengkap dengan sebuah shower pertama di dunia. Namun, tidak semua armada milik maskapai ini menyediakan layanan tersebut, hanya penumpang kelas satu di pesawat superjumbo Airbus A380-lah yang bisa menikmati kamar mandi shower ini.

Para penumpang pun tidak bisa sembarangan dalam menggunakan fasilitas ini, masing-masing hanya diberi jatah lima menit saja untuk menikmati guyuran air dari bawah shower. Hal ini disebabkan karena pihak Emirates hanya membawa pasokan air secukupnya untuk 14 penumpang di kelas satu. Namun, pihak maskapai menemukan sebuah masalah yaitu shower yang tersedia hanya mampu mengakomodasi satu penumpang saja. Itu berarti setiap penumpang harus rela bergantian untuk menikmati layanan mewah ini. Belum lagi soal penumpang yang ingin berlama-lama di dalam kamar mandi tersebut, tanpa menyalakan shower dengan alasan penghematan air, sehingga mereka lebih memilih untuk berendam di bath tub.

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman dailymail.co.uk, Emirates menyediakan layanan perdana ini pada penerbangan dari Dubai menuju New York. Selanjutnya, rute lain yang rencananya akan dipasang layanan serupa adalah dari London menuju Dubai. Emirates sendiri diketahui menawarkan 14 tempat tidur, lengkap dengan ‘Suite Pribadi’ yang mencakup pintu-pintu yang dapat dikendalikan dengan remot, meja kerja, minibar yang dikontrol secara elektrik, serta sistem hiburan dalam penerbangan yang paling mutakhir. Airbus A380 milik Emirates juga dapat menampung sekitar 489 penumpang dari kelas satu, bisnis, dan ekonomi, serta didukung 24 awak kabin.

Baca Juga: Tanggapi Pelarangan Gadget di Kabin, Emirates Airlines Buat Iklan Lucu di YouTube

Sementara itu, kompetitor Emirates, Singapore Airlines menghadirkan tempat tidur ganda di dalam Airbus A380-nya. Meski begitu, pihak Emirates tidak terlalu menghiraukan langkah yang diambil oleh pesaingnya karena ia yakin layanannya lah yang akan lebih mencuri perhatian penumpang. Sekali lagi, pihak Emirates melalui presidennya kala itu, Tim Clark mengatakan agar penumpang tidak terlalu lama menghabiskan waktu di bawah kucuran shower.

“Kamar mandi tersebut diatur menggunakan perangkat lunak untuk mengucurkan air dari shower selama lima menit,” ujarnya. Sebuah lampu penanda akan menyala jika seseorang tengah berada di dalam kamar mandi. “Jika waktu sudah habis dan rambut Anda masih dipenuhi oleh shampoo, ya Anda harus keluar,” tambah Tim.

Dengan menambahkan fasilitas shower, maka beban yang dibawa oleh Airbus A380 Emirates akan meningkat sekitar setengah ton atau bertambah 25 persen dari beban keseluruhan. Tentu saja, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk menikmati fasilitas ini. Harga tiket yang disodorkan kepada para penumpang dari London menuju Dubai per 1 Desember 2008 kemarin adalah £4.737 atau setara Rp81,6 juta. Cukup mahal ya? Namun, harga tersebut bisa dibilang sepantar dengan fasilitas yang akan Anda nikmati.