Naik Pesawat Bawa Stroller, Simak Beberapa Tipsnya!

foto: amazon.com

Menikmati liburan bersama keluarga merupakan salah satu hal yang amat berharga bagi siapapun. Liburan akan terasa lebih intim ketika dijalani bersama orang-orang yang kita sayangi. Terlebih apabila Anda baru saja dikaruniai momongan, tentu saja ini akan menambah value dari liburan tersebut.

Keberadaan stroller selama liburan amatlah membantu para orang tua untuk membawa anaknya. Tidak perlu lagi menggendong, kecuali dalam keadaan tertentu, cukup simpan si buah hati di stroller lengkap dengan mainan kesayangannya, maka si anak akan tenang. Namun, ketika perjalanan menggunakan pesawat terbang, apakah stroller boleh ikut masuk ke kabin agar memudahkan saat keluar dari pesawat? atau stroller harus tetap masuk ke bagasi? Di sini, ada beberapa tips membawa stroller saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang.

Cari informasi
Ada baiknya untuk mencari informasi terhadap maskapai yang hendak ditumpangi mengenai ketentuan membawa balita. Ini dapat ditanyakan pada saat reservasi tiket atau menghubungi call centre saat melakukan pemesanan tiket secara online. Biasanya pihak maskapai tidak mengizinkan stroller ataupun kursi bayi untuk masuk ke dalam kabin, karena dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan penumpang lain. Lalu bagaimana dengan jarak tempat check-in ke pintu masuk pesawat yang bisa terbilang tidak terlalu dekat?

Biasanya, saat check-in, stroller akan diberi tanda bagasi dan Anda diperbolehkan membawanya hingga pintu masuk pesawat, tanpa dipungut biaya. Sesampainya di pintu masuk pesawat, Anda akan mulai menggendong si kecil, dan stroller akan dilipat untuk masuk ke dalam bagasi. Pada saat landing, ada baiknya kita menunggu petugas untuk menanyakan keberadaan stroller kita, Anda dimohon untuk sedikit sabar karena memerlukan waktu untuk mengeluarkan stroller dari dalam bagasi. Ketika stroller anda sudah di tangan, anda dapat menggunakannya kembali.

Gunakan stroller yang simple dan berukuran tidak terlalu besar
Pilihlah stroller yang sesuai dengan kebutuhan, tidak perlu yang terlalu besar dan pilihlah yang mudah untuk dioperasikan. Kegunaan memilih stroller seperti ini akan anda rasakan saat berada di bandara dan selama liburan. Apabila Anda membawa stroller yang cukup besar, tentu akan menambah tugas anda, selain lebih berat, ini akan menyulitkan anda ketika berjalan menyusuri tempat yang cukup ramai, seperti pintu pesawat menuju tempat pengambilan barang bagasi, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan lain-lain. Pastikan pula stroller yang Anda gunakan masih layak pakai dan tidak ada masalah, seperti macet saat membuka atau melipat, masalah seperti ini tentu akan menghambat perjalanan anda.

Pahami cara membuka dan menutup stroller
Pastikan Anda atau pasangan Anda memahami cara membuka dan menutup stroller. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda, terutama saat Anda melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, setibanya di pintu masuk pesawat, stroller mulai dilipat dan akan masuk ke bagasi, begitupun sebaliknya, setibanya di tempat tujuan, Anda akan membuka kembali stroller dan mulai mendorong si kecil ke tempat pengambilan barang bagasi. Apabila anda sudah paham mengenai “seluk-beluk” stroller si buah hati Anda, maka hal tersebut bukanlah menjadi masalah yang berarti, namun kebalikannya, jika Anda kurang paham, maka hal ini akan menyusahkan Anda sendiri, karena tidak semua personil maskapai mengerti cara “merakitnya”.

ilustrasi penyewaan stroller dengan harga. sumber: OLX
ilustrasi penyewaan stroller dengan harga. sumber: OLX

Cari Tempat Penyewaan Stroller di Tempat Tujuan. 
Apabila Anda lebih memilih untuk tidak membawa stroller selama perjalanan, atau mungkin tertinggal, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak jasa penyewaan perlengkapan bayi, seperti stroller, kursi bayi, dan lain-lain. Pastikan Anda mendaaptkan informasi yang valid tentang tempat penyewaan ini. Usahakan Anda sudah memesannya jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan. Jasa penyewaan alat perlengkapan bayi seperti ini biasanya menggunakan sistem sewa harian hingga mingguan. Anda dapat dengan mudah menemukan jasa seperti ini melalui internet maupun social media. Jadi, siapkah Anda berlibur bersama si buah hati?