Mengenal Serba Serbi dan Peran Air Traffic Controller

Pinterest

Air Traffic Controller (ATC) atau yang biasa disebut pemandu lalu lintas udara merupakan profesi yang meberikan layanan pengaturan lalu lintas udara. Pekerjaan sebagai ATC bukanlah hal yang mudah, karena banyak kejenuhan yang akan dirasakan oleh ATC officer walaupun jam kerja sudah di atur. Sayangnya, banyak yang tidak tahu apa itu saja yang dilakukan ATC dan kenapa mesti ada ATC.

Dilansir dari Wikipedia, ATC merupakan pekerjaan terberat setelah pilot, dimana para pemandu lalu lintas harus selalu fokus dalam memberikan informasi pada pilot yang melakukan penerbangan. Apalagi ini menyangkut keselamatan nyawa para penumpang di dalam pesawat yang sedang mengudara. Tak hanya itu, para pemandu ini harus mampu mengelola kejenuhan ataupun stress saat bekerja. Salah sedikit, pastinya penerbangan akan terganggu dan bisa mengakibatkan hal yang paling fatal yakni kecelakaan pesawat.

Dalam melakukan pengaturan lalu lintas udara, para petugas ATC ini bekerja di menara atau tower untuk Aerodrome Control Tower agar mudah melihat dengan jelas keadaan landasan (runway). Sementara Approach Control Unit dan Area Control Center berada di ruangan yang letaknya berdekatan dengan menara untuk memudahkan koordinasi. Namun tidak semua bandara menerapkan seperti ini, biasanya akan disesuaikan dengan kondisi lalu lintas udara dan kepadatan di bandara yang dimaksud. Para ATC ini dalam menjalankan tugasnya menggunakan peralatan yang sesuai dan memenuhi aturan. Sebab ATC salah satu media strategis untuk menjaga kedaulatan suatu wilayah atau negara.

Ibarat tak kenal maka tak sayang, dalam pelayanan pengendalian lalu lintas udara ada tiga bagian yang terdapat pada ATC, yaitu:

1. Aerodrome Control Service (TWR)
Biasanya berpartner langsung dengan Ground Control dan memberikan izin terbang “Clear for take-off” dan mendarat “Clear to land” untuk setiap pesawat. Unit ini harus menguasai semua tipe dan ukuran pesawat, biasanya untuk menentukan jarak berangkat pesawat yang satu dengan lainnya.

AustralianAviation.com.au
AustralianAviation.com.au

2. Approach Control Service (APP)
Unit yang memiliki otoritas mengatur ketinggian dan pemisah di atas ketinggian 4000 kaki atau sampai TWR tidak melihat lagi posisi pesawat sampai ketinggian 15 ribu kaki. APP juga mengatur pesawat saat berada di ruang udara sekitar bandara, baik yang melakukan pendekatan maupun akan berangkat terutama bagi penerbangan yang beroperasi terbang instrumen yaitu suatu penerbangan yang mengikuti aturan penerbangan instrumen atau dikenal dengan Instrument Flight Rule (IFR). Di Indonesia APP dibagi menjadi dua yakni APP radar dan non radar.

Accuracy-in-Media.org
Accuracy-in-Media.org

3. Area Control Service (ACC)
ACC biasanya memberikan clearance kepada pesawat yang sedang menjelajah terutama yang termasuk penerbangan kontrol. Di unit ini, ATC mempunyai cakupan lebih luas dari ketinggian F1245 kaki hingga ketinggian FL410 kaki.

wenkul.wordpress.com
wenkul.wordpress.com

ATC atau pemandu lalu lintas udara ini tidaklah berdiri sendiri, melainkan berada di sebuah lembaga yang dibentuk oleh Kementerian BUMN yakni Lembaga Penyelenggaraan Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI//Airnav Indonesia). LPPNIP ini melayani single ATS Provider yang diresmikan tahun 2013 lalu oleh Dahlan Iskan sebagai Menteri BUMN masa itu. Tak hanya sebagai pengelola ATC, LPPNPI juga mengatur sistem radar di bandara-bandara Indonesia.

Penasaran apa saja tugas ATC? Sebagai rekan pilot, berikut tugas-tugas yang harus dijalankan oleh para pemandu lalu lintas udara/ATC.

1. Memberikan update informasi kepada pilot tentang cuaca, lalu lintas udara dan navigasi penerbangan
2. Membantu pilot dalam mengendallikan keadaan darurat
3. Mengatur kelancaran arus lalu lintas udara biasanya mencegah antar pesawat terlalu dekat satu sama lain dan mencegah tabrakan antar pesawat udara dengan rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi.
4. Memberi mandat kepada pilot dari saat masih di manuvering area hingga lepas landas
5. Memberitahukan kepada organisasi yang berwenang dalam pencarian pesawat yang memerlukan pencarian dan pertolongan sesuai dengan orgaisasi yang dipersyaratkan
urutan-ATC