Mau Perjalanan Murah dan Menyenangkan? Ini Dia Cara Cerdasnya

Sumber: tallinn-airport.ee

Sebagai pelancong, banyak yang harus dipikirkan saat akan bepergian baik dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi Anda adalah pelancong dengan budget murah. Dirangkum KabarPenumpang.com dari usatoday.com (24/5/2017), ada enam cara cerdas untuk menghemat budget saat bepergian alias dengan beudget murah. Berikut enam cara jitu yang bisa Anda gunakan.

Baca juga: 13 Tips Perjalanan Luar Negeri dengan Ransel

1. Kurangi biaya transportasi
Sebelum merencanakan sebuah perjalanan, hitung dulu pengeluaran yang akan Anda gunakan. Kalkulator dalam peghitungan ini sangat membantu Anda. Selama Anda bisa mendapat tiket murah untuk pulang pergi baiknya, ambil tiket seperti itu, sebab biasanya harga PP lebih murah dibanding sekali jalan saja. Jangan lupa, bawa barang yang dibutuhkan saja seperti pakaian luar dan dalam serta alat mandi. Tak perlu bawa barang berlebih, ini bisa membuat Anda kelebihan muatan.

2. Bandingkan penginapan
Cari penginapan yang murah, dengan berbagai aplikasi saat ini Anda bisa membandingkan harga hotel yang satu dengan yang lainnya. Jangan langsung membeli tapi cek dulu, terkadang ada yang memberikan penawaran lebih murah dan di tambah diskon khusus sebagai pengguna aplikasi tersebut. Atau Anda bisa menginap di tempat penduduk, biasanya bayarannya lebih murah dan terkadang dengan suukarela mereka mempersilahkan Anda menginap.

Baca juga: Mau Berburu Tiket Penerbangan Murah, Simak Tips Disini

3. Makan sehat dan cermat
Biaya makan biasanya bisa dikatakan paling mahal dibandingkan biaya penginapan. Namun, bila Anda cermat, dengan makan murah juga bisa makan sehat dan enak. Beberapa bandara internasional saat Anada bepergin dilarang membawa cairan lebih dari 3,4 ons pertasnya. Sehingga baiknya bawa botol kosong dan yang bisa di isi ulang, bawa makanan penambah energi saat berangkat pagi. Ini bisa menghemat uang dan waktu.

4. Pilihan mata uang
Untuk penukaran, baiknya bawa uang cash dan tukarkan ddi bank atau credit union. Ini salah satu pilihan terbaik di bandingkan harus menggunakan kartu debit atau kredit. Jangan lupa, tukar mata uang yang nilainya lebih dari tempat yang akan Anda kunjungi, sehingga saat di negara yang Anda kunjungi bisa menghemat biaya.

Baca juga: Saat Bencana Alam Tiba, Bukan Berarti Perjalanan Batal, Ikuti Tips Ini!

5. Telepon prabayar atau kartu SIM
Sebuah ponsel bisa berguna untuk menavigasi kota-kota baru, serta tetap terhubung dengan teman perjalanan dan kehidupan di rumah. Tapi bagi wisatawan internasional, mungkin juga datang dengan biaya roaming data. Anda akan menghemat banyak uang dengan membolos telepon selama perjalanan Anda, tapi itu mungkin tidak realistis. Pilihan terbaik Anda kemungkinan akan membeli telepon prabayar setelah Anda tiba atau membiarkan operator membuka ponsel Anda jika memungkinkan, sehingga Anda dapat menggunakan kartu SIM asing saat mendarat.

6. Belanja souvenir
Targetkan biaya untuk membeli souvenir. Jangan lupa pertimbangkan untuk melakukan penelitian tentang suvenir dan toko terbaik, jadi Anda akan merasakan apa yang mungkin Anda beli dan harga yang diharapkan.