Saat Bencana Alam Tiba, Bukan Berarti Perjalanan Batal, Ikuti Tips Ini!

Ketika tiket perjalanan sudah dibeli, mestinya Anda bisa duduk tenang sembari mempersiapkan detail barang yang ingin dibawa. Tapi semua bisa berubah saat Anda mengetahui ada bencana alam yang terkait dengan perjalanan, bisa mulai dari hujan badai, angin topan, gunung meletus, gempa dan banjir, kesemuanya bisa terjadi sesuai kondisi geografis daerah yang dituju.

Bila kondisi bencana lumayan parah, umumnya pihak penyedia jasa transportasi tak akan mengambil risiko, yakni perjalanan akan dibatalkan. Namun tak sedikit bencana alam masih dalam skala yang bisa ditolerir, artinya moda transportasi masih sanggup melalui daerah yang terkena bencana. Bagi Anda yang ingin terus melanjutkan perjhalanan, maka dibutuhkan beberapa persiapan dalam kondisi tersebut. Dihimpun dari situs frommers.com berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat melakukan perjalanan saat terjadi bencana.

solusi-mencegah-banjir-jakartaCek kondisi tempat yang akan di datangi
Cuaca negara di dunia hampir semua sedang mengalami perubahan yang drastis akibat pemanasan global. Lebih baik Anda memantau daerah yang akan dikunjungi melalui televisi atau aplikasi pemantau cuaca untuk mengetahui dengan jelas kondisi di sana.

Jeli baca situasi bencana alam
Kalau Anda bepergian ke daerah yang rawan bencana seperti gempa bumi atau longsor, lebih baik Anda mencari tempat berlindung yang benar-benar aman dari pada harus belari-larian yang justru akan membuat Anda tidak aman.

Siapkan jas hujan dan payung
Beberapa kota di Indonesia dan beberapa negara sedang mengalami musim hujan. Kedua benda ini sangat diperlukan, karena Anda tidak akan tahu kapan hujan akan datang dan berhenti.

Sepatu berbahan karet atau gel
Dengan musim hujan yang melanda, sepatu karet atau yang berbahan gel bisa memudahkan Anda untuk bepergian. Selain ringan, Anda jadi tidak perlu repot membawa sandal jepit lagi untuk mengganti sepatu yang basah.

Miliki aplikasi banjir
Kalau Anda berlibur ke daerah yang saat ini sering terjadi hujan, sebaiknya gunakan aplikasi untuk mencari titik banjir dan daerah yang rawan terkena banjir. Ini akan memudahkan Anda untuk langsung berpindah ke tempat lain dan tidak terjebak banjir atau kemacetan.

Pilih kendaraan
Musim hujan seperti ini terkadang menyulitkan Anda untuk jalan-jalan. Disarankan untuk para traveler tidak menggunakan motor, memang menggunakan motor akan lebih cepat, namun paling rentan mogok dan Anda menjadi sakit karena terkena hujan. Pilihan terbaik adalah menggunakan mobil atau transportasi publik seperti kereta atau bus. Selain tidak kebasahan, Anda juga bisa menikmati jalan dengan nyaman.

Pilih destinasi indoor.
Musim hujan membuat kita susah menikmati tempat wisata outdoor. Tapi tidak menutup kemungkinan ada beberapa tempat wisata yang memiliki outdoor dan indoor. Contohnya di Jakarta seperti Ancol dan Monas, keduanya bisa dinikmati baik outdoor maupun indoornya. Jadi Anda tidak terlalu rugi berjalan-jalan saat musim hujan.

Sedia Masker
Ini penting, kalau Anda liburan saat berada di daerah yang terkena kabut asap. Pastinya dengan masker Anda mencegah terkena penyakit pernapasan.