Mau Ke Eropa dengan Visa Schengen? Jangan Lupa Pesan Tiket Kereta Secara Online

Anda punya rencana ke Eropa dengan visa Schengen?  Tentu jika ada waktu, disarankan bila sudah tiba di Eropa jangan hanya menyambangi satu negara saja. Nah, model travelling yang cocok untuk ‘menjelajah’ daratan Eropa dengan cara paling hemat adalah menggunakan wahana kereta api. Toh secara geografis, antar negara-negara Eropa relatif saling berdekatan.

Baca juga: TGV, Masih Jadi Lambang Supremasi Kereta Cepat Eropa

KabarPenumpang.com mengabarkan, bagi penyuka traveling marathon dan lebih menyukai kereta api di bandingkan transportasi lainnya, ada beberap tips yang bisa digunakan. Salah satunya dengan membeli tiket kereta jauh-jauh hari secara online sebelum keberangkatan. Provider-nya pun tak cuma satu, diantaranya ada eurobytrain.com. Globall Pass dari Eurail.com, dan Seat61.com. Kereta di Eropa juga sama seperti Indonesia yang bisa dipesan tiga bulan sebelum keberangkatan. Biasanya bila membeli tiga bulan sebelum harga yang dikenakan lebih murah dan akan semakin mahal saat mendekati hari keberangkatan. Apalagi bila membeli saat itu juga di stasiun, harga tiket kereta bisa lebih mahal tiga kali lipat dari sebelumnya.

Sebagai contoh pada Seat61.com memiliki harga dari termurah yakni 9 Euro dan bila kuota memenuhi maka akan muncul harga 19 Euro dan yang paling mahal 29 Euro. Biasanya untuk mendapat harga 9 Euro Anda sebagai pelancong baiknya membeli dari tiga bulan sebelum keberangkatan.

Contoh tiket pdf untuk kereta api di Eropa

Untuk pemesanan dari seat61.com, Anda bisa gunakan untuk kereta di dalam kawasan Italia seperti ke Florence menuju Roma dan Pisa menuju Roma. Atau Anda bisa membuka website Trenitalia. Namun jika Anda ingin merasakan marathon dari Jerman ke Perancis bisa melalui website kereta Perancis (SNCF) atau Jerman (Bahn.de). Bila untuk ke Spanyol Anda bisa membuka (Renfe), Beligia (Belgian Rail), pilih atau cari menu International Ticket.

Selain itu ada Thalys untuk kereta tujuan Paris, Brussels, Cologne dan Amsterdam. Untuk semua rute kereta di Eropa bisa melakukan resevasi melalui website Capitaine Train. Untuk tiket selain membeli jauh-jauh hari mendapatkan harga murah, di kereta api ini juga memeberikan pilihan dua macam kelas yakni kelas satu yakni eksekutif dan kelas dua yakni ekonomi. Untuk Anda pelancong marathon baiknya gunakan pilihan kelas dua, karena tempat duduknya bisa dikatakan setara dengan kelas eksekutifnya Indonesia.

Uniknya pemesanan kereta ini ada yang memberi diskon sesuai umur bahkan memberikan tiket gratis untuk umur-umur tertentu. Anak sampai umur 4 tahun akan digratiskan naik kereta. Sedangkan 4-11 akan dikenakan tarif anak-anak, untuk remaja 12-25 tahun akan ada diskon remaja.

Diskon untuk pembelian grup juga ada dan tidak perlu repot menghitung diskonnya, sebab website yang akan melakukan otomatis saat memasukkan usi penumpang di website pemesanan tiket. Bila Anda bepergian dengan keluarga, baiknya pilih family seating, dan akan diberikan tempat yang berdekatan. Anda bisa melihat denah tempat duduk tetapi tidak bisa mengubahnya.

Baca juga: Italia (2): Berburu Wisata di Florence dalam Satu Hari

Cara memesan kereta di masing-masing website sangat mudah, mirip dengan memesan tiket kereta api di Indonesia. Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1. Pilih layanan berbahasa Inggris, biasanya dengan mengklik gambar bendera di pojok kanan atas.
2. Pilih negara asal, yakni Indonesia atau kalau tidak ada pilihan, pilih other countries
3. Pastikan Anda tahu nama stasiun asal dan stasiun tujuan, bila masih bingung bisa mencari dulu di Google. Di beberapa negara, satu kota mempunyai dua nama dalam bahasa yang berbeda. Misal, Brussels juga dikenal sebagai Bruxelles. Cologne biasa disebut Köln. Stasiun Brussels untuk kereta dari wilayah Perancis adalah Brussels Midi, sementara stasiun Köln di dekat katedral adalah Köln Hbf.
4. Cek harga tiket di beberapa website sebelum membayarnya.
5. Kadang website tertentu tidak bisa memroses booking dengan kartu kredit dari Indonesia. Coba booking di hari lain atau ganti booking di website lain.
6. Pilih cetak tiket di rumah. Tiket yang dicetak sendiri ini tidak perlu ditukarkan dengan tiket asli. Nantinya cukup ditunjukkan ke petugas, disertai identitas.
7. Bila pilihan cetak tiket sendiri tidak ada, pilih ambil tiket di mesin tiket/stasiun. Anda akan mendapatkan nomor referensi yang bisa digunakan untuk mengambil tiket melalui mesin tiket di stasiun. Pembayaran dengan kartu kredit tetap dilakukan di website pemesanan.
8. Saat memasukkan pilihan, isi nama sesuai di paspor dan masukkan email, biasanya bila tidak ingin di cetak, Anda bisa langsung memperlihatkan email tersebut kepada petugas di stasiun nantinya.