Loket Gabungan di Pelabuhan Merak, Mudahkan Transaksi Tiket Rombongan Wisata

Kondisi toll gate Kajima di Pelabuhan Merak, Banten pada Selasa (20/6) pukul 02.00 dini hari yang terpantau relatif lengang. (Foto: ASDP)

Lampung berada di selatan pulau Sumatera, ternyata memiliki wisata alam yang cukup banyak, salah satunya yang saat ini sedang booming yakni ke Anak Gunung Krakatau dan Pahawang. Ini membuat banyak pelancong menuju kesana. Lantaran di Pahawang pelancong bisa merasakan keindahan alam baik di dalam laut dengan snorkeling, tracking di Anak Gunung Krakatau bahkan pulau yang tersebar disekitarnya.

Baca juga: KMP Athaya, Arungi Selat Sunda dengan Sensasi Hotel Berbintang

Untuk sampai ke sini, pelancong bisa menyeberang melalui pelabuhan Merak menuju pelabuhan Bakauheni. Hal ini membuat PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry membuat loket gabungan yang memudahkan pelancong berangkat bersama rombongan, .

Loket ini akan melayani penumpang dengan rombongan di atas sepuluh orang, dimana nantinya hanya satu orang penumpang saja yang turun dan sisanya hanya menuliskan nama untuk menjelaskan bahwa penumpang tersebut ada dalam rombongan.

“Untuk pelancong yang pergi bersama temannya lebih dari sepuluh orang, mereka bisa ke loket gabungan,” ujar Branch Manager PT Mata Pensil Globalindo Cabang Merak Eydo Y Priamora kepada KabarPenumpang.com, Kamis, (3/5/2018).

Dia menambahkan loket gabungan ini akan memudahkan penumpang. Sebab yang membeli tiket ke loket hanya satu orang dan lainnya menunggu dengan memberikan data nama yang valid untuk memudahkan dalam pengisian data di loket.

“Jadi kalau ada sepuluh orang, hanya satu saja yang jalan. Yang lain tinggal tunggu kartu di tangan saja,” tambahnya.

Adanya loket gabungan ini berawal dari ide PT ASDP Indonesia Ferry saat melihat banyak penumpang yang melakukan perjalanan menuju Bakauheni dan melanjutkan perjalanan ke pulau Pahawang dan Anak Gunung Krakatau di Lampung. Sehingga membuat PT Mata Pensil akhirnya membuka loket gabungan ini untuk memudahkan penumpang.

Baca juga: Kereta Lokal Merak-Rangkasbitung, Gantikan Layanan KA Jakarta-Merak

Loket gabungan ini pun hanya ada di pelabuhan Merak, sedangkan di pelabuhan Bakauheni, pelancong yang lebih dari sepuluh orang tetap dengan pembelian tiket masing-masing. Ini dikarenakan tidak adanya loket gabungan di pelabuhan Bakauheni.