Lampu Sabuk Pengaman Mati, Waktu Yang Tepat Gunakan Toilet

Saat berada dalam penerbangan, dan Anda merasa harus pergi ke toilet, mestinya itu bisa dilakukan dengan mudah. Namun tak jarang Anda dibuat ragu, “Apakah ini waktu yang tepat untuk ke toilet, bagaimana jika nanti ada guncangan selagi di berada bilik toilet.” Bila dalam penerbangan jarak dekat, Anda masih bisa menahan kebutuhan ke toilet sampai di bandara tujuan. Sayangnya pada penerbangan jarak jauh Anda tidak akan mungkin menahan untuk ke toilet.

Dilansir dari travelandleisure.com, penumpang akan mencari waktu yang tepat untuk ke toilet, selain menghindari ke khawatiran penumpang lain yang menunggu, juga untuk kenyamanan Anda saat menggunakan toilet tersebut. Erika Roth mantan pramugari memberikan saran, waktu yang tepat untuk ke toilet saat lampu sabuk pengaman mati dan sebelum pramugari menyajikan layanan makanan dan minuman. Menurutnya, kedua waktu ini adalah waktu terbaik untuk pergi ke toilet saat berada di pesawat.

Sebenarnya ada peraturan tidak tertulis yang mengatakan bila Anda berada di toilet lebih dari 20 menit, maka pintu akan diketuk dan sebaliknya Anda harus menunggu 5-10 menit ketika orang baru masuk ke toilet.

Tak hanya menyangkut pada kesempatan yang tepat dalam menggunakan toilet, kebersihan toilet pada pesawat juga harus diperhatikan dan biasanya berfokus pada bau di toilet. Jangan pernah sepelekan masalah bau pada toilet pesawat karena bisa menjadi masalah bagi keamanan penerbangan, akibat masalah sepele yakni bau pada toliet, ada beberapa pesawat yang harus mendarat darurat atau kembali kebandara asal.

Roth memberikan tips untuk mengatasi permasalahan bau di toilet pesawat dengan sesendok bubuk kopi yang dimasukkan kesebuah wadah kecil untuk di gantung di dalam toilet. Menurut Roth, bubuk kopi dapat menyerap bau tak sedap yang ada di dalam toilet dan bisa menyelamatkan penerbangan dari pendaratan darurat akibat bau menyengat .

Salah satu kejadian Awal Bulan Maret lalu, penerbangan maskapai SpiceJet terpaksa melakukan pendaratan darurat karena bau yang menyengat keluar dari toilet hingga ke ruang kokpit.