Klasik, Ini Dia Rentetan Alasan Delay di Dunia Penerbangan

Ilustrasi Delay. Sumber: istimewa

Membaca tulisan delayed di papan informasi jadwal pesawat memang sangat menyebalkan, bukan? Belum lagi waktu tunggunya cukup lama sehingga Anda kebingungan harus berbuat apa. Main games di gadget nampaknya akan terlalu menghabiskan baterai, pun dengan menonton film yang sudah Anda unduh terlebih dahulu. Selain pertanyaan, “Apa yang harus dilakukan selama menunggu waktu delay?” tersebut, pertanyaan lain yang kerap kali muncul adalah “Kok pesawatnya bisa delay?”

Baca Juga: Hadapi Delay di Bandara, Anda Bisa ‘Survive’ Tanpa Smartphone

Beragam spekulasi bermunculan, namun kita tidak pernah mengetahui pasti apa yang melatarbelakangi sebuah penerbangan mengalami delay, walaupun pihak maskapai telah memberitahu. Tapi apakah itu benar? Tidak ada yang tahu! Nah, maka dari itu, KabarPenumpang.com akan sarikan beberapa poin yang kerap kali membuat sebuah penerbangan mengalami delay, dikutip dari laman claimcompass.eu.

Lalu Lintas Udara Padat
Pertumbuhan lalu lintas udara terus mengalami peningkatan terhitung sejak tahun 1980-an, terlebih di beberapa kota tersibuk dunia seperti New York, London, dan Paris. Belum lagi maskapai penerbangan jarak jauh yang juga ikut nimbrung dengan sejumlah peraturan yang membelitnya. Tentu hadirnya peraturan tersebut, maka akan berdampak pada keseluruhan lalu lintas udara. Belum lagi ada maskapai yang mengganti jadwal penerbangan mereka beberapa waktu sebelum mengudara (last minutes), sedikit banyaknya itu akan mempengaruhi waktu tunggu Anda juga, lho!

Masalah Teknis
Poin nomor dua ini kerap kali dijadikan senjata pamungkas para maskapai ketika layanan mereka mengalami delay. Namun tidak sedikit pula maskapai yang benar-benar mengalami masalah teknis beberapa saat sebelum mengudara. Karena tidak mau ambil resiko, maka pihak maskapai akan mencoba untuk mengatasi masalah tersebut. Semisal gagal, refund tiket penumpang merupakan salah satu opsi terakhiryang harus dihadapi.

Syarat Istirahat Awak Penerbangan
Selain memastikan moda yang hendak ditunggangi sudah laik beroperasi, satu hal yang terpenting adalah kondisi awak kabin sendiri – dalam kasus ini pilot dan pramugari/pramugara. Karena regulasi yang berlaku sangatlah ketat, sampai-sampai jam istirahat mereka pun diatur. Semisal ada yang kurang dan mereka bisa memanfaatkan waktu delay yang ada, maka para awak kabin tersebut akan menggunakan waktu tersebut untuk beristirahat.

Penumpang
Selain dari segi penyedia jasa, penumpang pun kerap kali menjadi faktor utama penyebab delay di beberapa penerbangan. Tidak lekang dari ingatan ketika seorang pria paruh baya bernama Dr. David Dao menerima perlakuan kasar dari kru United Airlines, atau sejumlah perkelahian di dalam kabin menjadi beberapa poin penting yang mengacaukan jadwal penerbangan sebuah maskapai.

Di Indonesia, tren delay yang sedang mengemuka adalah terkait candaan tentang bom. Kasus yang menimpa beberapa penerbangan Lion Air dan Batik Air bisa menjadi contoh delay akibat perbuatan penumpang.

Baca Juga: Lion Air, Punya Citra Buruk Soal Keterlambatan Jadwal Penerbangan

Cuaca
Untuk urusan yang satu ini, memang tidak ada tandingannya. Cuaca buruk atau ekstrem sekalipun bukanlah lawan yang setimpal bagi si burung besi. Lain bandara, lain pula kebijakan yang berlaku untuk menangani penumpang yang terjebak delay akibat cuaca buruk. Mungkin sebagian maskapai memiliki kebijakan untuk membagikan makanan ringan atau berat sekalipun, tapi bukan tidak mungkin jika mereka tidak memberlakukan aturan yang sudah mereka setujui tersebut.