Kebut Persiapan Asian Games 2018, PT INKA Mulai ‘Cicil’ Pengiriman LRT Palembang

Sumber: istimewa

Ajang olahraga terbesar se-Asia, Asian Games 2018 sudah semakin mendekati ‘titik start’, maka tidak heran jika sejumlah otoritas terkait tengah disibukkan dengan mematangkan persiapan untuk menunjang kelancaran pesta olahraga akbar ini, tidak terkecuali PT INKA. Anak perusahaan PT KAI ini diketahui baru saja memulai pengiriman terhadap beberapa rangkaian kereta Light Rail Transit (LRT) ke Palembang, Sumatera Selatan, dimana kereta tersebut akan dioperasikan sebagai moda transportasi pendukung kegiatan Asian Games 2018.

Baca Juga: Jelang Asian Games 2018, LRT Palembang Mulai Uji Coba Maret Mendatang

Sebagaimana yang diwartakan KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, Senior Manager Secretary, Public Relations, and CSR PT INKA, Cholik Mochamad Zam Zam mengatakan terdapat delapan rangkaian yang akan dikirimkan secara bertahap. “Mulai awal April ini akan dikirim sebanyak empat trainset. Saat ini baru dua trainset yang sudah terkirim dan akan menjalani uji dinamis di lintas,” ujarnya, dikutip dari laman cnnindonesia.com (10/4/2018).

PT INKA sendiri menerima total 24 rangkaian, dimana mereka mengatakan akan merampungkan semua pengiriman pada bulan Juni mendatang. Nantinya, LRT buatan PT INKA ini akan menghubungkan Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin menuju kawasan Sport City Jakabaring, dimana lokasi tersebut merupakan venue utama pada perhelatan Asian Games 2018. Tidak berhenti sampai situ saja, namun jaringan LRT ini akan berujung pada Depo yang berada di Ogan Permai Indah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel, Nelson Firdaus, mengatakan bahwa uji coba terhadap kereta LRT ini dipastikan akan sesuai dengan jadwal yang sebelumnya telah ditentukan. “Persiapan juga diperlukan untuk mengangkut trainset ke Depo Jakabaring. Walau jeda waktunya panjang dari kedatangan gerbong, 13 April tapi uji coba tetap sesuai dengan jadwal,” tutur Nelson, dikutip dari sumber lain.

Di sisi lain, Sekertaris Proyek Manajemen Unit (PMU), Wahidin mengatakan untuk pengujian nantinya tidak akan dilakukan di seluruh stasiun, sebab pengujian hanya dimaksudkan untuk mengecek apakah performa kereta serta track dan sistem elektrinya berfungsi dengan baik. “Uji coba jalur dan kereta akan dilakukan dari Depo Jakabaring hingga stasiun OPI Mall sepanjang kurang lebih 3 km,” jelasnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Cholik pun sempat mengatakan bahwa armada LRT untuk Palembang ini sudah sangat canggih dan modern, dimana pertimbangan utama PT INKA dalam mengembangkannya adalah keselamatan dan kenyamanan penumpang. “Yang jelas futuristik, stainless steel, dan ringan,” paparnya.

Baca Juga: Jelang ASIAN Games 2018, Palembang Datangkan LRT Produksi PT INKA

Adapun lebar jalan rel (gauge) dari LRT Palembang ini adalah 1.067 mm dengan axle load hingga 12 ton. Kecepatan direncanakan untuk kereta ringan ini adalah 100 km per jam, dengan kecepatan maksimum 85 km per jam. Konstruksi jalur berupa slab track, yaitu penggunaan pelat beton sebagai tiang penyangga dari jalur LRT, keuntungannya adalah jalur ini mampu menahan beban yang lebih berat layaknya tiang penyangga di jalan tol. Persinyalan adalah fixed block dengan cap signal (ETCS Level 1). Sistem electrical dengan third rail system 750 VDC.