Jurus Selamat Hindari Aksi Pencopetan di Moda Transportasi Massa

Sumber: okezone.com

Sebagai pengguna jasa layanan transportasi umum, seperti Commuter Line, Anda mungkin tidak asing dengan himbauan untuk selalu menjaga barang-barang Anda agar tetap aman. Tiada lain himbauan tersebut dibuat agar Anda bisa lebih waspada dengan tindakan pencopetan. Tuntutan hidup yang semakin tinggi seolah membuat sebagian orang menjadi gelap mata, dan menghalalkan segala cara untuk bisa memenuhinya. Berangkat dari hal tersebut, KabarPenumpang.com meracik beberapa tips untuk menghindari tindak pencopetan di moda umum berbasis massa.

Pasang Headset Sebelum Berangkat

Sumber: wenweipo.com

Ini merupakan salah satu trik jitu untuk menghindari gadget Anda berpindah tangan. Pasang headset sebelum Anda menaiki moda berbasis massa, karena ada beberapa keuntungan, salah satunya adalah Anda masih leluasa bergerak dan dapat mulai memutar lagu kesukaan. Dengan menggunakan tips ini, maka lagu yang Anda putar akan otomatis berhenti ketika headset terlepas dari handphone.

Usahakan Simpan Barang Berharga Anda di Tempat yang Sulit di Jangkau

Setelah Anda mengaplikasikan tips pertama, lebih baik Anda menggenggam handphone dan tidak menyimpannya di saku, hal ini bertujuan agar si copet lebih sulit untuk merebut handphone Anda. Namun, Anda juga harus tetap waspada dan jangan lengah ketika menggunakan moda umum berbasis massa. Sedangkan untuk barang berharga lainnya, Anda bisa menyimpannya di dalam tas pada saku yang paling dalam, atau menyimpan dompet pada saku celana depan, karena saku celana depan dinilai lebih mudah untuk diperhatikan daripada saku celana belakang. Ada cara lain untuk menyimpan barang berharga yang Anda bawa, yaitu dengan menyimpannya di tempat yang tidak terpikirkan oleh si copet, seperti membuat saku di perut yang tidak terlihat dari luar, di pakain dalam/pelapis, dan lain sebagainya.

Usahakan Berdiri Tidak di Dekat Pintu

Bukan hanya penumpang yang memiliki posisi favorit saat di kendaraan umum, copet pun memiliki tempat favorit. Kebanyakan copet lebih memilih untuk beraksi di dekat pintu daripada di tengah kerumunan, karena dengan beraksi di dekat pintu akan memudahkannya untuk melarikan diri setelah mendapatkan barang yang sudah diincarnya. Sedangkan apabila copet melancarkan aksinya di tengah kerumunan, ia akan kesulitan untuk kabur setelah aksinya selesai.

Jangan Memindahkan Barang Berharga Anda Ketika Sudah Berada di Dalam Moda

Ini merupakan hal sepele yang mungkin bisa berdampak besar bagi Anda. Ketika Anda memindahkan barang berharga di dalam moda, seperti handphone, dompet, atau benda lain, maka si copet dapat dengan mudah mengetahui dimana letak benda tersebut setelah Anda pindahkan. Persiapkanlah semuanya secara matang sebelum berangkat, termasuk menyiapkan ongkos terlebih dahulu dan memisahkannya dari dompet. Secara tidak sadar, tindakan seperti ini bisa saja memancing copet untuk melihat isi dompet dan melancarkan  aksinya terhadap Anda.

Waspadai Gerak Gerik yang Mencurigakan

Tingkah laku aneh kerap kali diperlihatkan oleh copet sebelum beraksi, entah karena gugup atau kurang percaya diri. Namun fakta di atas tidak berlaku bagi copet yang sudah mahir. Seperti sudah menjadi rahasia umum ketika copet kerap kali beraksi dalam kelompok. Kelompok copet ini biasanya memanfaatkan momen ketika pintu terbuka, terutama bila terjadi hambatan. Tidak ada salahnya untuk lebih waspada karena bisa saja hambatan tersebut dilakukan oleh sekumpulan copet yang hendak mengalihkan perhatian Anda.

Siasati Waktu

Bagi Anda yang terlalu paranoid dengan aksi para pencopet, tips yang satu ini bisa dilakukan demi menjaga barang-barang berharga Anda. Jangan berangkat ketika peak hour atau jam sibuk, lebih baik persiapkan diri Anda untuk berangkat lebih awal. Ada beberapa keuntungan yang akan didapat ketika Anda memutuskan untuk berangkat lebih awal, pertama Anda tidak akan terlalu berdesak-desakan di moda tersebut. Kedua, biasanya copet beraksi ketika kondisi moda penuh, dengan kata lain jika moda tersebut lengang, maka kemungkinan copet beraksi lebih sedikit. Untuk jam pulang kerja, Anda bisa memilih untuk pulang sedikit lebih larut.