Inilah Daftar Stasiun Tersibuk di Indonesia

Berita Terbaru

Sebagai tempat berkumpulnya penumpang, wajar adanya bila stasiun menjadi titik yang sibuk karena dipadati banyak orang dengan beragam keperluan. Belum lagi ada beberapa stasiun yang karena histori yang kuat juga menyandang sebagai tempat wisata yang menarik. Di Indonesia ada dua pembagian jalur milik PT KAI, Daop (Daerah Operasi) untuk Pulau Jawa dan Divre (Divisi Regional) untuk Pulau Sumatera. Dan dari kedua daerah operasional ada banyak stasiun tersibuk di Indonesia dan semuanya berada di Pulau Jawa dengan sebagian besar seperti sudah bisa ditebak, ada di Jakarta.

Stasiun Kejaksaan, Cirebon
Stasiun ini dinamai Kejaksaan kerena terletak di Kecamatan Kejaksaan Cirebon. Dikatakan tersibuk karena, hampir semua kereta pasti melalui stasiun ini kecuali kereta relasi Bandung – Kroya. Dulu semua kereta ekonomi, bisnis hingga eksekutif diwajibkan berhenti di stasiun ini, namun jadwal kereta semakin padat dan perluasan stasiun Cirebon Prujakan selesai sehingga stasiun ini hanya untuk perhentian kereta ekonomi dan eksekutif.

Stasiun Jatinegara
Stasiun yang berada di Jakarta Timur ini menjadi jalur keluar masukknya kereta baik yang menuju atau keluar Jakarta. Selain sebagai jalur keluar masuk, stasiun ini sibuk juga adanya Commuter Line yang bolak balik melintasi dan berhenti di stasiun ini. Selain sibuk, stasiun yang termasuk salah satu yang terbesar di Jakarta ini juga menjadi dipo atau tempat peristirahatan dan perawatan lokomotif. Dikatakan sibuk juga karena stasiun jatinegara memiliki 6 jalur dan semua kereta ekonomi dan eksekutif berhenti di sini.
5035340586_131fa13652_zStasiun Manggarai
Stasiun ini terlihat sibuk karena banyak Commuter Line yang wara wiri melintas dan berhenti di sini baik rute menuju Bogor maupun Bekasi. Sayangnya tak banyak kereta ekonomi ataupun eksekutif yang berhenti di sini, biasanya hanya melintas saja, kalaupun ada hanya yang dari Tanah Abang. Stasiun ini akan menjadi sibuk juga di waktu berangkat dan pulang kerja dan terlihat sangat padat jam-jam tersebut.

Stasiun Surabaya Pasar Turi
Stasiun yang menjadi tiga percabangan jalur Pantura (Semarang dan Cirebon), Pelabuhan Tanjung Perak dan Staiun Sidotopo, Surabaya Gubeng yang menuju Malang dan Banyuwangi pastinya sibuk karena terletak di pembagian ini. Seluruh kereta yang melewati jalur utara ini pasti berhenti di Stasiun Surabaya Pasar Turi.

Stasiun Jakarta Kota
Stasiun yang sering disebut stasiun Beos ini berada di paling ujung yang tidak memiliki jalur lagi selain ke Kampung Bandan. Stasiun yang mirip dengan Stasiun Semut di Surabaya ini, menjadi stasiun pojok di Jakarta. Memiliki 12 jalur baik luar kota dan Commuter Line, membuat stasiun ini menjadi stasiun yang kedatang kereta dalam setiap waktu walaupun berada di pojok. Banyak penumpang yang pada jam pulang kantor akan naik kereta menuju stasiun ini demi mendapat tempat duduk.

Stasiun Tugu Yogyakarta
Stasiun ini menjadi stasiun tersibuk di Yogyakarta, karena setiap jam ada saja kereta eksekutif dan Bisnis yang lewat dan berhenti di stasiun ini. Selain itu KRD Prameks juga sudah pasti berhenti dan melintas di stasiun ini, sehingga makin sibuklah stasiun di pusat kota Yogya ini.

Stasiun Semarang Tawang
Stasiun dengan 7 jalur ini dikatakan sibuk karena menjadi jalur percabangan menuju Demak dan Kudus ke arah utaranya dan Cepu serta Surabaya Pasar Turi di jalur tengah.

Stasiun Gambir
Stasiun yang berada di pusat Ibukota ini, memiliki 4 jalur. Banyaknya wisatawan mancanegara yang akan melanjutkan perjalanan ke daerah lainnya di Pulau Jawa membuat stasiun ini sangat sibuk. Ditambah lagi setiap beberapa waktu pasti ada Commuter Line yang hanya sekedar melintas tanpa berhenti.

Stasiun Pasar Senen
Stasiun yang mengangkut penumpang kereta bisnis dan ekonomi ini, setiap hari pasti dipadati penumpang. Selain yang akan bepergian keluar kota Jakarta, di stasiun ini melintas juga Commuter Line menuju Bogor dari Jatinegara sedangkan untuk arah sebaliknya hanya untuk melintas saja.

Stasiun Madiun
Menjadi salah satu stasiun besar di Indonesia, stasiun Madiun bisa dikatakan pusat perkeretaapian Indonesia sama dengan stasiun Jakarta Kota dan Surabaya Pasar Turi. Stasiun ini juga memiliki jalur yang banyak dan seluruh kereta yang menuju jalur selatan arah Surabaya dan Malang diwajibkan berhenti di stasiun ini. Setiap kereta ekonomi, bisnis dan eksekutif yang berhenti dan KRD yang menuju daerah-daerah Jawa Timur juga berhenti daan melintas di sini, membuat stasiun Madiun ramai dan sibuk dengan penumpang yang berangkat atau turun di sini.