Inflighto, Mudahkan Penumpang Berbagi Keindahan dari Dalam Pesawat

Aplikasi Inflighto yang membatu penumpang lacak keberadaannya

Pemandangan dari atas pesawat terkadang bisa sangat menakjubkan dan biasanya penumpang senang sekali mengabadikannya termasuk Anda. Namun, sayangnya meski tersambung dengan WiFi pesawat, saat memposting foto tersebut di media sosial tidak bisa memberikan posisi Anda saat itu.

Baca juga: SeatGuru, Aplikasi ‘Pendeteksi’ Tersedianya WiFi dan Stop Kontak di Dalam Penerbangan

Memang, saat di udara, Anda tidak akan tahu sedang berada di atas kota, negara bahkan laut apa. Sebab, tidak jelas terlihat di GPS apalagi dalam perjalanan penerbangan dan biasanya hanya pilot yang tahu pesawat Anda ada dimana.

Tenang saja kini sudah ada aplikasi yang membantu Anda untuk men-share lokasi saat mempostig foto di dalam pesawat. KabarPenumpang.com merangkum dari laman kplr11.com (12/3/2018), aplikasi tersebut bernama Inflighto.

Inflighto bisa menambah pengalaman dengan pelacakan yang tepat, seperti tempat menarik serta info cuaca secara real time. Aplikasi tersebut dibuat oleh pilot Australia John Hopkins dan Christopher Smyth yang mengatakan, saat ini maskapai tidak memadai untuk pemetaan bagi para pengguna pesawat terbang. “Harus ada cara dan solusi lebih baik dari peta tradisional yang berada di monitor kursi belakang atau monitor bagian depan kabin,” ujar Smyth. Sedangkan Hopkins mengatakan, konsep Inflighto ini hadir untuk membantu penumpang melihat secara real lokasi mereka berada.

“Mereka telah melihat sesuatu di luar jendela yang menggelitik minat mereka, satu-satunya cara bagi mereka untuk mengetahuinya adalah benar-benar mengirim pesan melalui awak kabin yang mengetuk pintu kokpit dan harus bertanya kepada kapten atau petugas pertama tentang apa itu Mereka terbang beberapa menit yang lalu,” ujar Smyth.

Keduanya menganggap aplikasi tersebut menjadi jalan bagi pilot berkomunikasi langsung dengan penumpang. Keduanya juga menyadari sistem PA atau mikrofon pesawat cukup membatasi pilot yang bisa melihat banyak hal menarik di luar jendela kokpit.

“Banyak hal menarik di luar jendela kokpit dan mungkin ingin memberi tahu penumpang bahwa mereka akan menyukai hal itu seperti aurora di langit utara. Mungkin ini adalah saat yang tidak menyenangkan selama penerbangan saat sebagian besar sedang tidur atau menonton film. Kru penerbangan mungkin tidak ingin mengganggu setiap orang untuk membiarkan mereka tahu ada sesuatu untuk dilihat di luar jendela,” ujar Smyth.

Uniknya tampilan dari Inflighto terlihat mirip dengan Google Maps. Aplikasi ini juga menambahkan fitur chat yang bisa digunakan dalam penerbangan, dimana pengguna bisa berkomunikasi dengan pilot, keluarga bahkan teman untuk melacak penerbangan dari darat.

Namun, hal itu semua bisa terlaksana jika pilot maupun keluarga Anda menggunakan Inflihto juga. Tetapi yang disayangkan adalah untuk menggunakan Inflighto tidak diperlukan registrasi sehingga pilot tidak tahu persis siapa yang berhubungan dengan mereka.

Selain itu, Inflighto juga bisa melacak turbulensi, sehingga penumpang bisa mengetahui jika akan terjadi turbulensi dan bersiap menghadapinya.

“Teknologi ini ada untuk memasuki sistem radar cuaca yang sangat canggih yang dimiliki meteorologi di seluruh dunia dan kami tahu bahwa kami dapat memanfaatkannya dan mendapatkan citra satelit langsung dan radar cuaca langsung ke aplikasi kami,” ujar Smyth.

Fitur radar cuaca juga akan memberikan tampilan dari luar kabin 360 derajat atau penerbangan secara keseluruhan. Smyth menambahkan, dengan adanya ini sebenarnya bermanfaat untuk maskapai penerbangan mengalihkan beban pemberian hiburan kepada penumpang.

Hal ini dikatakan Smyth, dimana maskapai tidak terlalu tertarik untuk memasang layar monitor dibelakang kursi. Sebab hal tersebut di anggap lampau dibandingkan dengan teknologi baru yang dihasilkan Inflighto.

“Pastilah langit adalah batasnya, jika Anda akan memaafkannya kita akan mencapai jarak yang cukup jauh. Apa yang kita pikirkan adalah kesempatan yang sangat menarik untuk menghidupkan kembali hiburan dalam penerbangan. Kurasa kita pikir kita menghidupkannya kembali, memikirkannya kembali, mengganggu paradigma yang ada karena harus terikat dengan apa yang ada di kursi di depan Anda,” kata Smyth.

Baca juga: Delapan Aplikasi Ini Bisa Pantau Pergerakan Pesawat via Smartphone

Aplikasi Inflighto tersedia di Apple App Store dan Google Play dan bisa di unduh secara gratis. Untuk mengakses fitur premium termasuk radar cuaca dan pengguna obrolan dalam pesawat dapat mengakses upgrade berbayar dengan Ekonomi Premium adalah $0,99 per bulan atau $6,99 per tahun. Untuk semua fitur, akses Kelas Bisnis seharga $2,99 per bulan atau $28,49 per tahun.