India Luncurkan Kereta Bertenaga Panel Surya

Sumber: india.com

Kembali, perkeretaapian India membuat sebuah gebrakan dengan meluncurkan sebuah kereta yang menggunakan panel surya (solar cell) sebagai sumber energi terbarukan. Kehadiran teknologi ini disandingkan dengan fasilitas penyimpanan energi dalam sebuah baterai yang menjamin daya tersebut tetap memadai walaupun tidak ada sinar matahari. Namun, tentu saja energi ini tidak digunakan untuk menggerakkan kereta, melainkan sebagai salah satu solusi untuk menggantikan peran listrik yang dibutuhkan di kereta.

Baca Juga: Kementerian Kereta Api India Janji Sulap Gerbong Lama Jadi Lebih Modern

Sebagaimana KabarPenumpang.com wartakan dari laman thehindu.com (15/7/2017), seluruh kebutuhan listrik di setiap gerbong, meliputi lampu, kipas angin, dan layar penampil informasi akan digantikan perannya oleh sistem panel surya yang tertanam di atas kubah kereta Diesel Electric Multiple Unit (DEMU) tersebut.

Peluncuran ini dilakukan di stasiun Safdarjung yang dihadiri oleh Menteri Perkeretaapian, Suresh Prabhu. Dalam kesempatan tersebut, Suresh mengatakan peluncuran kereta ini merupakan batu loncatan menuju perkeretaapian yang lebih ramah lingkungan. Pengadaan kereta dengan energi terbarukan ini berlandaskan pada komitmen kereta api untuk menggunakan bahan bakar yang lebih bersih dan usaha untuk meningkatkan penggunaan sumber energi non-konvensional.

Tidak hanya menggunakan panel surya sebagai pengganti energi listrik di kereta, kereta DEMU juga menggunakan teknologi ramah lingkungan lainnya, seperti bio toilet, air daur ulang, penampungan limbah, Compressed Natural Gas (CNG), Liquefied Natural Gas (LNG), dan pemanfaatan energi angin.

Biasanya, rangkaian kereta DEMU digerakkan oleh mesin on-board yang terpasang di setiap gerbongnya, karena panel surya tersebut harus mengalirkan energi ke benda elektronik yang ada di setiap gerbongnya sehingga barang-barang elektronik tersebut bisa berfungsi.

Baca Juga: India Hadirkan Kereta Kubah Kaca Untuk Tarik Wisatawan

Untuk sementara, kereta akan mengular di jalur komersial yang menghubungkan daerah pinggiran dengan kota Delhi, mengingat belum ada rute spesifik untuk kereta DEMU ini. Adapun Integral Coach Factory dari Chennai yang menjadi produsen dari panel-panel surya tersebut. Sebelum dipasang di kereta berkekuatan 1.600tenaga kuda tersebut, panel-panel surya tersebut telah dikembangkan oleh Indian Railways Organization of Alternative Fuel (IROAF). Rencananya, dalam waktu enam bulan ke depan, otoritas setempat akan menghadirkan 24 gerbong serupa untuk mendukung sarana transportasi di negera yang terkenal dengan film Bollywoodnya tersebut.

“Kereta DEMU bertenaga surya ini akan menghemat sekitar 21.000 liter solar dan mengurangi emisi karbon 9 ton per tahunnya,” tutur salah satu sumber dari Kereta Api India.