Hendak Bepergian Naik Bus? Cek Dulu Bangku Yang Dinilai Paling Aman dan Nyaman!

Bustiket.com

Setiap moda transportasi berbasis massal memiliki tempat duduk andalannya tersendiri, tidak terkecuali bus. Tempat duduk andalan  tersebut tidak hanya menawarkan kenyamanan lebih selama berkendara, tapi juga tingkat keamanan yang bisa dibilang setingkat lebih tinggi dari bangku lainnya. Tentu saja, setiap orang memiliki tempat duduk favoritnya masing-masing, baik itu di bagian depan, tengah, maupun belakang. Itu semua tergantung selera Anda. Namun, di sini KabarPenumpang.com akan mencoba untuk menjabarkan tempat duduk terbaik di dalam bus, dilansir dari laman thehungrysuitcase.com.

Baca Juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Bagi Anda yang lebih memilih duduk di baris depan bus, sebenarnya ini merupakan salah satu titik yang dinilai paling berbahaya jika mengalami bus tersebut kecelakaan. Terlepas dari pernyataan tersebut, terkadang orang beranggapan kalau bangku teraman di dalam bus adalah bangku pengemudi, karena dari sinilah semua manuver ditentukan. Bangku di baris depan juga kerap kali dianggap sebagai titik yang memungkinkan penumpang melakukan interaksi dengan pengemudi, dimana penumpang bisa mulai menegurnya ketika sang pengemudi mulai mengantuk.

Sedangkan untuk bangku paling belakang juga dinilai tidak terlalu aman, karena bagian ini merupakan bagian yang paling rentan jika terjadi tabrakan dari belakang, walaupun kecelakaan seperti ini jarang terjadi. Bagian belakang bus yang tinggi tentu akan melindungi penumpang dari tabrakan belakang, apalagi dari kendaraan pribadi yang notabene ukurannya lebih kecil. Lain cerita jika bagian belakang ditabrak oleh sebuah truk yang memiliki tinggi hampir sama dengan bus.

Baca Juga: Auckland Transportation Mulai Pasang CCTV di Jalur Bus Pusat Kota

Menurut sumber tertera, bangku yang paling aman di dalam sebuah bus adalah bangku baris tengah, karena di titik ini, penumpang bisa sedikit terlindungi jika terjadi tabrakan, baik dari depan maupun dari belakang. Namun, patut diperhatikan pula pemilihan sisi mana yang dianggap lebih aman, walaupun sama-sama berada di baris tengah. Untuk negara-negara yang memiliki lalu lintas lajur kiri, para penumpang bisa memilih sisi kiri searah laju bus, begitupun sebaliknya. Negara-negara yang memiliki lalu lintas jalur kanan, para penumpang bisa memilih sisi sebelah kanan searah laju bus.

Sumber: Thehungrysuitcase.com

Kini beralih ke bangku yang menawarkan kenyamanan selama Anda berkendara menggunakan bus. Bangku baris depan dinilai sebagai bangku yang menyuguhkan pemandangan kendaraan lain yang berada di depan bus, dan akan sangat mengerikan jika sebuah kecelakaan terjadi. Penumpang akan melihat secara langsung detik-detik kecelakaan tersebut. Terlepas dari asumsi tersebut, bangku baris depan bus dianggap kurang nyaman, karena Anda akan duduk tepat di atas ban, dimana setiap bus menghantam sebuah lubang di jalanan, maka Anda akan merasakan guncangan yang cukup keras.

Baca Juga: Rentetan Kecelakaan Maut Bus di Indonesia

Sama halnya juga dengan bangku belakang. Ditambah lagi dengan aroma tidak sedap yang dikeluarkan dari toilet, walaupun tidak semua bus memilikinya. Di Indonesia sendiri, tidak jarang bus yang menyediakan smoking area yang terletak di bagian belakang. Bagi para perokok, keberadaan smoking area ini dinilai sebagai sebuah keuntungan tersendiri.

Kembali, bangku baris tengah dinilai paliing nyaman karena guncangan yang ditimbulkan ketika bus menghantam lubang tidak sekeras bangku baris depan dan belakang. Selain itu, jika Anda memilih bangku di samping jendela, Anda akan disuguhkan pemandangan yang tersaji sepanjang perjalanan. Setidaknya Anda tidak akan melihat hilir mudik orang di gangway bus.