Auckland Transportation Mulai Pasang CCTV di Jalur Bus Pusat Kota

Salah Satu Sudut Fanshawe. Sumber: gomedia.co.nz

Kini, para pengemudi di Auckland harus lebih berhati-hati dalam berkendara, pasalnya otoritas transportasi di sana baru saja memasang kamera pengawas (CCTV) di jalur bus Fanshawe St yang terkenal sibuk. Auckland Transport selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap pelayanan transportasi di sana akan memantau setiap pengguna jalan, dan tidak segan-segan untuk mengeluarkan denda jika mereka menemukan adanya pelanggaran yang terekam kamera pengawas tersebut.

Baca Juga: 10 Poin Penting Sistem Keselamatan di Bus

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari nzherald.co.nz (10/7/2017), layaknya kamera pengawas di setiap tempat, seluruh area yang berada dalam jangkauan CCTV ini akan diawasi 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. Ini berarti, tidak ada satu momenpun yang luput dari pengawasan kamera pengawas ini. Setelah pemasangannya yang berlangsung tadi pagi waktu setempat, kamera ini tercatat melum merekam kejadian yang berbau melanggar peraturan.

Dua buah kamera pengawas langsung dipasang oleh otoritas setempat di jalur bus yang hendak meninggalkan kota Auckland, tepatnya di sebelum dan sesudah stasiun pengisian bahan bakar BP di antara Nelson St. dan Halsey St. Menurut peraturan yang berlaku, para pengemudi akan dikenakan tilang ketika mereka terekam melakukan pelanggaran dari kedua kamera pengawas tersebut.

Seorang juru bicara dari Auckland Transportastion mengatakan jalur Fanshawe St. merupakan jalur bus pertama yang dipasang oleh kamera pengawas. Tidak menutup kemungkinan jalur-jalur lainnya juga akan dipasang kamera serupa guna meningkatkan pelayanan terhadap para pengguna jalan. Tambahnya, untuk pemasangan kamera CCTV di jalur lain, pihak Auckland Transportation masih menunggu ketersediaan teknologi serat yang sesuai dengan standar yang diterapkan oleh Auckland Transportation. “Untuk jalur lain akan pula dipasang kamera serupa, tergantung dari ketersediaan teknologi yang serupa,” ujarnya. “Bisa saja teknologi serupa akan tiba dalam waktu yang lama, kita lihat saja nanti,” tambahnya.

Baca Juga: Pelatihan Terhadap Pengemudi Bus Akan Meminimalisir Tingkat Kecelakaan

Otoritas Auckland sengaja memilih Fanshawe St. sebagai lokasi pemasangan kamera pengawas tersebut, karena jalur ini bisa dilewati oleh lebih dari 5000 orang pada peak hours pagi hari,dimana 1800 diantaranya merupakan pengguna mobil di kedua jalur super sibuk tersebut. “Keputusan apakah seseorang terbukti melanggar peraturan akan tetap ditindak oleh petugas di lapangan, dan semua rekaman yang diambil dari kamera tersebut akan selalu ditinjau oleh petugas penegak hukum,” terang juru bicara Auckland Transportation.

Sementara itu, pengoperasian bus yang melintas di Fanshawe St. bisa dibilang tidak ada hentinya, 24 jam dalam sehari dan tujuh hari dalam seminggu, dan otoritas setempat telah menghimbau untuk tidak berhenti sembarangan di jalur padat tersebut.