Hadapi Perlintasan KA, Jangan Panik Tetap Waspada!

Wikipedia

Pada hakekatnya, pemerintah berusaha untuk menghapuskan perlintasan kereta api konvensional, sebagai gantinya secara bertahap dibangun perlintasan model fly over atau underpass di beberapa lokasi, terlebih pada titik yang banyak dilalui lintasan mobil, truk, dan motor. Namun apa daya, ditengah keterbatasan anggaran dan pertimbangan teknis, sampai saat ini perlintasa KA konvensional masih lumayan banyak dijumpai.

Bagi kebanyakan orang, melintas di perlintasan KA kerap menimbulkan rasa was-was, pasalnya berita atau kabar tentang kecelakaan di perlintasan KA masih saja terus terjadi. Menjawab rasa was-was Anda, dilansir dari hulltrains.co.uk, berikut ada beberapa tips aman untuk melalui perlintasan kereta api.

Berhenti di belakang perlintasan
Sebagai pengendara yang taat aturan, baiknya Anda berhenti di belakang palang pintu kereta api yang sudah tertutup. Selain untuk keselamatan Anda, ini juga menjadi contoh bagi orang lain untuk tidak melintas saat kereta sedang lewat.

Tengok kanan kiri
Bila Anda melalui perlintasan kereta api baiknya tengok kanan kiri. Apalagi dengan rel ganda, justru membuat Anda lebih berhati-hati. Karena bisa saja kereta dari arah yang lainnya juga melintas.

Berada di jalur yang benar
Jangan pernah sekali-sekali melawan arus saat kereta api lewat walaupun jalur tersebut kosong. Ini untuk menghindari kemacetan yang akan terjadi nantinya.

Jangan pernah berada di antara rel
Bila rel yang ada lebih dari satu atau bisa dikatakan rel ganda. Baiknya jangan berada di antara rel, karena Anda akan kesulitan berjalan nantinya. Apalagi bila langsung dua kereta melintas, akan mencelakakan diri Anda sendiri.

Jangan terburu-buru
Bila palang perlintasan kereta sudah dibuka, baiknya jangan terlalu buru-buru saat meng-gas kendaraan. Baiknya perlahan karena terkadang di depan Anda ada saja kendaraan yang mengambil jalur sebelahnya alias lawan arus. Kalau Anda terburu-buru bukan Anda saja yang celaka melainkan pengendara lainnya juga.

Tetap tenang saat terpaksa berhenti di perlintasan
Tetap tenang saat terpaksa berhenti di perlintasan, berikan jarak antara kendaraan Anda dengan yang lainnya. Ini menjadi solusi yang baik bila kendaraan didepan Anda mogok tiba-tiba. Saat berada di perlintasan dan menunggu giliran jalan, baiknya sesuaikan putaran mesin kendaraan Anda, ini untuk menghindari mati mesin. Perhatikan juga arah lintasan roda saat melintasi rintangan rel. Ini untuk menghindarai ban kendaraan Anda terjepit. Bila mesin kendaraan Anda mati jangan panik, netralkan perseneling kendaraan dan segera dorong sembari meminta bantuan.