Garap Wisata di Cina Selatan, Lion Air Buka Penerbangan Surabaya-Haikou

Bandara Internasional Haikou, Hainan

Kembali melebarkan sayapnya di Asia, maskapai Lion Air membuka rute penrbangan terbaru ke Haikou. Rute ini berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya menuju Bandara Internasional Meilan Haikou.

Pembukaan rute terbaru ini pada 27 April 2018 dengan kerja sama Lion Air Group bersama Hainan United Airlines Travel Group Co. Ltd. Penerbangan Surabaya-Haikou terlaksana sekali dalam seminggu, yakni setiap hari Jumat dengan keberangkatan pukul 17.40 WIB menggunakan Boeing 737-900ER dengan kapasitas 215 penumpang.

Baca juga: Telat Sosialisasi, Batik Air Buka Penerbangan Jakarta ke Kinabalu

President dan CEO Lion Air Group, Edward Sirait mengatakan, pihaknya bangga karena memperluas konektivitas internasional dengan membuka penerbangan charter ke Cina dari kota besar kedua di Indonesia yakni Surabaya.

“Pengoperasian ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan guna memperkuat network di wilayah Asia Pasifik. Rute baru Surabaya-Haikou akan meningkatkan layanan kepada pelanggan dan melengkapi lebih banyak pilihan tujuan perjalanan udara dari Cina ke Indonesia, selain dari Jakarta dan Bali,” ujar Edward yang dikutip KabarPenumpang.com melalui siaran pers.

Dia mengatakan, adanya rute ke Cina ini untuk misi menghadirkan lebih banyak wisatawan Cina terutama dari Haikou untuk berkunjung ke Indonesia. Ini juga untuk membantu capaian target Kementerian Pariwisata mendatangkan 17 juta wisatawan mancanegara. Sebelumnya Lion Air juga sudah membuka rute Jakarta-Haikou sejak 2017 lalu dengan frekuensi dua kali penerbangan dalam satu minggu.

Studio film terbesar dunia di Haikou, Hainan (traveler.id)

Mungkin masih banyak yang bingung kenapa Lion Air membuka rute ke Haikou? Ternyata Haikou merupakan lokasi studio film terbesar di dunia. Berada di provinsi paling selatan Cina, Haikou merupakan ibu kota Provinsi Hainan dan juga sering dikenal dengan Kota Kelapa.

Selain itu, kota ini memiliki sinar matahari yang indah, air laut sebening kristal dan pasir lembut. Wisata di Haikou sendiri berfokus pada budaya, ekonomi lokal dan transportasi. Tak hanya keindahan alam, memiliki budaya yang kental di kota ini memiliki situs sejarah Temple of Five Lords dan beberapa lainnya.

Baca juga: Ini Dia! Hal Yang Kurang Menyenangkan Saat Bertandang Ke Cina

Kota ini juga selain memiliki landasan udara, dilengkapi dengan stasiun kereta api, kapal laut maupun jalan tol yang sudah terhubung di seluruh kota Cina. Sebagai kota wisata yang sederhana menjadi pusat bisnis dan resort pinggir pantai serta kini layanan untuk wisatawan sedang diperluas dengan tujuan untuk menjadikan pusat pariwisata Cina di bagian selatan.