Digigit Anjing Sebelum Take-off, Penumpang ini Terpaksa Mendapat Perawatan Medis

Sumber: tribunnews.com

Minggu (4/6/2017) kemarin ketegangan terjadi saat seorang penumpang yang berada di dalam maskapai Delta Airlines terpaksa di evakuasi oleh awak pesawat karena mengalami luka yang cukup serius pada bagian wajah. Bukan terpeleset atau terlibat adu jotos dengan penumpang lain, melainkan penumpang tersebut digigit oleh anjing yang turut ikut dalam penerbangan dari Hartsfield-Jackson International Airport menuju San Diego di Amerika Serikat.

Baca Juga: PT KAI Terbitkan Peraturan Baru Bagi Ibu Hamil

Anjing yang disinyalir membutuhkan perhatian khusus dari majikannya tersebut menggigit bagian wajah dari penumpang yang bernama Marlin Termaine Jackson. KabarPenumpang.com melansir dari fox5atlanta.com, Minggu (4/6/2017) salah seorang saksi mata mengatakan korban mengalami luka yang cukup parah pada bagian wajahnya. “Wajahnya dipenuhi darah, mulai dari mata, pipi, hidung, dan mulutnya semua luka. Sampai-sampai kemejanya pun berlumuran darah,” tuturnya. Lebih lanjut, ia mengatakan korban tengah duduk di pinggir dekat jendela, sedangkan si anjing dan empunya duduk di bangku tengah. Saksi lain mengatakan anjing itu duduk dipangkuan majikannya.

Menurut keterangan dari saksi, penumpang yang mendapat serangan dari anjing tersebut segera diturunkan dari pesawat untuk mendapatkan perawatan medis. “Kondisi korban sangat mengkhawatirkan,” tutur saksi. Keterangan lain datang dari seorang penumpang lain yang bernama Nathalie Pozo. Ia mendengar ada awak kapal yang menyebutkan bahwa penumpang tersebut merupakan seorang veteran perang. Lalu ia mengatakan, setelah insiden penggigitan itu, sang majikan lalu memeluk anjingnya. Sembari menangis di depan pintu masuk, sang majikan sempat bergumam, “Aku tahu mereka akan menyimpanmu di kargo,” ucapnya lirih.

Baca Juga: Delta Airlines Siap Gunakan Pemindai Wajah Untuk Pangkas Antrean Check In

Keterangan lanjutan diterima dari pihak kepolisian setempat yang turut mengambil posisi dalam insiden ini. Sang empunya anjing merupakan Veteran Angkatan Laut Amerika Serikat bernama Ronald Kevin Mundy Jr. yang sebelumnya sudah memohon kepada pihak yang berwenang untuk turut membawa anjingnya ke dalam kabin , karena ia beranggapan anjingnya tersebut membutuhkan perhatian khusus, sehingga tidak bisa ditinggalkan sendirian di dalam kargo. Walaupun, efek dari insiden penggigitan ini adalah anjing tersebut terpaksa dimasukkan ke dalam kandang untuk mencegah hal serupa kembali terjadi.

Sebenarnya, peraturan yang berlaku di setiap maskapai berbeda-beda mengenai kasus membawa hewan peliharaan ke dalam kabin, namun yang biasanya senada adalah menyimpan hewan tersebutdi dalam sebuah kandang agar tidak mengganggu penumpang lain. Selain itu, hewan-hewan tersebut juga mesti memiliki sebuah surat keterangan sehat dari badan karantina hewan.

Keterangan lain didapat dari KLM, sebuah maskapai plat merah asal Belanda. Dalam lama resminya, pihak maskapai menyebutkan Kucing atau anjing kecil dapat dibawa masuk ke kabin sebagian besar penerbangan KLM Kelas Ekonomi dan pada sebagian besar penerbangan KLM Kelas Bisnis di dalam Eropa. Adapun peraturan lain yang harus ditaati oleh setiap orang yang hendak membawa peliharaannya ke dalam kabin, seperti:

  1. Dalam tas perjalanan hewan peliharaan yang cocok dengan ukuran maksimal 46 (panjang) x 28 (lebar) x 24 (tinggi) cm, atau dalam kandang keras dengan ukuran maks. 46 (panjang) x 28 (lebar) x 20 (tinggi) cm. Hewan peliharaan Anda harus dapat berdiri dan berbaring dengan nyaman.
  2. Berat total hewan peliharaan + tas perjalanan atau kandangnya mungkin maksimal 8 kg.
  3. Kandang harus diletakkan di bawah tempat duduk di depan Anda (sehingga baris keluar tidak disertakan). Anda tidak boleh mengeluarkan hewan peliharaan Anda dari tas perjalanan atau kandang.