Tembus Pegunungan Qinling, Cina Luncurkan Kereta Cepat Lintasi Wilayah Utara dan Selatan

(Reuters)

Jalur kereta berkecepatan tinggi sepanjang 658 kilometer yang menembus Pegunungan Qinling baru saja diresmikan pada 6 November 2017 kemarin. Jalur ini menghubungkan kota Xian di barat laut ke Chengdu di barat daya yang membawa total jaringan berkecepatan tinggi lebih dari 22 ribu kilometer.

Baca juga: Kereta Peluru Fuxing Akhirnya Kembali Merajai Dunia Kereta Api Cina

KabarPenumpang.com melansir dari laman hindustantimes.com (6/12/2017), kereta ini bukanlah yang tercepat di Cina tetapi mampu berjalan dengan kecepatan 250 km per jam. Sehingga jarak tempuh dari Xian ke Chengdu yang tadinya sebelas jam menjadi hanya tujuh jam atau dipotong empat jam perjalanan dari biasanya.

Rute kereta ini walaupun bukan yang tercepat, tetapi merupakan jalur kereta pertama yang melintasi pegunungan Qinling. Sebab selama berabad-abad pegunungan ini menjadi penghalang alami antara wilayah utara dan selatan Cina.

Untuk mengerjakan proyek ini, para insinyur membutuhkan waktu hampir lima tahun untuk menyelesaikannya Selain itu mereka juga harus membangun 127 jembatan dan 34 terowongan karena wilayah ini berada di pegunungan dan lembah sungai.

Diketahui, dalam pembuatan jalur ini, terowongan yang dibuat mencakup 16 km dengan jalur ganda dan menurut para ahli, ini termasuk terpanjang di Asia. Tahun 2016, Cina telah membangun 22 ribu kilometer jalur kereta api berkecepatan tinggi dalam waktu sekitar satu dekade yang dikatakan sebagai jaringan terpanjang dunia.

Kereta berkecepatan tinggi pertama di rute baru ini meninggalkan Xian, ibukota provinsi Shaanxi, Cina barat laut pada pukul 8.22. Ini akan berhenti di 14 stasiun sebelum mencapai Chengdu, ibukota provinsi Sincuan. Tak hanya sampai di sini, Cina juga memiliki rencana untuk membangun jalur kereta api berkecepatan tinggi sepanjang 38 ribu kilometer di tahun 2025 dan 45 ribu kilometer di tahun 2030 mendatang.

Nantinya lebih dari 80 persen kota besar di Cina akan terhubung oleh jalur tersebut dalam beberapa tahun kedepan. Untuk saat ini, jaringan 22 ribu kilometer tersebut mencakup hampir 10 ribu kilometer jembatan kereta api berkecepatan tinggi. Hal tersebut dikatakan oleh otoritas transportasi Cina pada awal tahun 2017 ini.

Saat ini Cina juga telah meningkatkan kecepatan maksimum kereta peluru di jalur berkecepatan tinggi Beijing-Shanghai menjadi 350 km per jam. Ini akan menjadi layanan kereta tercepat di dunia selama enam tahun setelah dikurangi menjadi 300 km per jam. Sebab tahun 2011 lalu, terjadi tabrakan kereta api di Wnzhou sehingga kecepatan dibatasi hanya 300 km per jam selama enam tahun.

Baca juga: Terbebas dari Status Skors, Kereta Peluru Cina Siap Mengular Kembali

Kenaikan kecepatan telah memotong perjalanan antara Beijing dan Shanghai menjadi empat jam 28 menit. Kereta api Fuxing yang lebih cepat adalah peningkatan yang substansial pada kereta peluru sebelumnya, yang dikenal dengan Hexie, atau Harmony. Fuxing lebih luas dan hemat energi, dengan masa kerja lebih lama dan keandalan yang lebih baik. Saat ini India mulai bekerja pada jalur kereta berkecepatan tinggi pertamanya, menghubung sepanjang 500 kilometer antara Mumbai dan Ahmedabad, tahun ini.