10 Tips Menikmati Perjalanan dengan Kereta di Eropa

Merasakan wisata kereta di Benua Biru menjadi salah satu tujuan destinasi para pelancong dunia. Bukan hanya karena kota-kota yang indah, tetapi banyak tempat sejarah yang bisa di kunjungi dan satu dengan lainny berdekatan. Biasanya para pelancong lebih memilih menggunakan kereta, selain murah juga bisa menikmati pemandangan. KabarPenumpang.com merangkum dari traveller.com.au, ada sepuluh tips yang bisa digunakan para pelancong saat menggunakan kereta api di negara-negara Eropa.

Baca juga: TGV, Masih Jadi Lambang Supremasi Kereta Cepat Eropa

1. Perjalanan dengan kereta api
Bepergian dengan jaringan kereta api di Eropa akan sangat mudah saat tas Anda bisa langsung di ambil. Tidak hanya lebih mudah, saat duduk pun Anda bisa lebih nyaman saat tas di letakkan pada rak penyimpanan di atas tempat duduk.

2. Tahu kereta yang akan dinaiki
Di Eropa banyak kereta cepat sehingga membuat Anda harus lebih jeli melihat mana kereta yang akan dinaiki. Awalnya hanya ada TVG dan Eurostar, tetapi saat ini sudah ada SJ, RJ dan AVE. Di Jerman ada kereta Intercity Express atau ICE, Euromed di Spanyol, Thalys di Belgia, Supercity di republik Ceko, Railjet di Austria dan Le Frecce di Italia.

3. Tempat tidur atau kamar tidur
Bepergian dengan kereta sembari bermalam bisa menghemat biaya akomodasi, karena selain bisa beristirahat, Anda juga sampai ketujuan di hari baru dan ini menjadi pengalaman tersendiri. Ada kereta dengan kompartemen tidur yang berisikan satu, dua atau tiga tempat tidur, perlengkapan mandi dan handuk. Ada juga kereta dengan kamar dengan empat atau enam tempat tidur susun dengan fasilitas yang sama. Jika Anda berangkat pada tengah malam dan sampai ke tujuan juga tengah malam, maka perjalanan di kereta api akan Anda rasakan selama dua hari.

4. Membawa gadget
Perjalanan kereta di Eropa tak selamanya bisa dinikmati keindahan alamnya. Saat melewati Norwegia atau Swiss, pemandangan gunung mendapat sisi gelap yakni terowongan. Sebuah gadget, seperti smartphone atau tablet akan membuat Anda sedikit terhibur saat kereta menyusuri terowongan.

5. Beli tiket online
Banyak jalur kereta yang tersedia dengan pilihan kereta pula yang beragam tergantung Anda memilih untuk kemana. Untuk mengunjungi satu negara seperti Jerman, bisa membeli di bahn.com atau menggunakan France Rail Pass yang bisa di beli francerailpass.com. Sedangkan perjalanan dengan beberapa tujuan baiknya Anda membeli tiket Eurail yang berlaku di 28 negara dan menawarkan beberapa hari perjalanan kereta api di berbagai kelas seperti ekonomi, bisnis maupun eksekutif. Untuk mendapatkan tiket ini Anda bisa membukanya di eurail.com, railplus.com.au atau raileurope.com.

6. Reservasi atau tidak reservasi
Tidak semua kereta api mengharuskan Anda memesan tempat duduk sebelum bepergian. Ada beberapa kereta yang tidak mengenakan biaya tambahan untuk pemesanan tempat duduk. Disarankan, jika bepergian ke negara populer seperti Perancis, Italia atau Spanyol, baiknya memesan tempat duduk.

7. Waktu transfer
Secara teknis, Anda akan memerlukan pergantian dari satu kereta ke kereta lainnya. Biasanya jarak pergantian kereta setidaknya satu jam setelah perjalanan kereta sebelumnya.

8. Penutup telinga di kereta
Tak hanya pesawat, di kereta juga bisa terjadi perubahan tekanan. Ini terjadi jika kereta melalui gunung dan melewati terowongan sehingga mengubah ketinggian. Hal tersebut bisa tidak nyaman apalagi yang memiliki telinga sensitif, pilek bahkan infeksi sinus. Penyumbat telinga yang dirancang untuk diudara bisa digunakan dan cukup membantu. Anda juga bisa membuka jendela untuk membuat tekanan udara perbedaannya tidak terlalu ekstrim. Bawa obat dalam perjalanan Anda.

Baca juga: Mau Ke Eropa dengan Visa Schengen? Jangan Lupa Pesan Tiket Kereta Secara Online

9. Hati-hati dengan pencopet
Perjalanan dengan kereta api di Eropa pada umumnya merupakan lambang kesopanan dan keamanan. Saat Anda turun, terutama di kota-kota besar baiknya waspada dengan pencopet dan jaga barang dengan baik. Beberapa stasiun besar memiliki lounge untuk penumpang kelas satu atau kelas eksekutif.

10. Train lag
Tak hanya saat menggunakan pesawat Anda merasakan jet lag, di kereta juga ada train lag. Sebagian besar Eropa Barat kecuali Inggris dan Portugal menempati zona waktu Eropa Tengah. Untuk merasakan ketenangan ini, perbanyak istirahat selama perjalanan, beri waktu diri Anda untuk pulih dalam waktu singkat.