Torehkan Sejarah, Indian Railways Bangun ‘Limited Height Subway’ dalam Waktu 4,5 Jam Saja!

Sumber: thehindu.com

Tentu Anda semua masih ingat dengan sebuah rekor yang diciptakan oleh Negeri Tirai Bambu dimana sebanyak 1.500 orang saling bergotong royong untuk membangun sebuah stasiun kereta dalam kurun waktu kurang dari 24 jam, bukan? Ya, nampaknya hal tersebut agak sulit dilupakan mengingat kecepatan dan jumlah orang yang terjun langsung dalam pembangunan stasiun di Provinsi Fujian, Cina Selatan ini.

Baca Juga: Tak Sampai 24 Jam, Cina Rampungkan Pembangunan Stasiun Ini!

Nah, kali ini ada negara lain yang mencoba untuk menorehkan rekor baru, dimana mereka membangun jaringan kereta bawah tanah dengan ketinggian terbatas dalam waktu hanya 4 jam 30 menit saja! Hebatnya lagi, jalur tersebut berada persis di bawah sebuah jalur kereta eksisting.

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman financialexpress.com (6/7/2018), rekor tersebut tercipta di negara dengan kondisi jaringan perkeretaapian yang bisa dibilang agak tertinggal dari yang lain, India. Jalur Limited Height Subway (LHS) ini dibangun Indian Railways untuk meminimalisir persimpangan bertingkat di Kothavalasa-Pendurti Line di Waltair Division dari East Coast Railway, dimana persimpangan No.484 tersebut dilintasi oleh empat jalur kereta sekaligus.

Konstruksi ini sendiri menggunakan pelat dasar dan kotak pra-fabrikasi dengan ukuran 1,5 X 4,65 X 3,65 meter. Konstruksi ini dikerjakan dengan mengerahkan 16 ekskavator, tiga crane, lima tipper, empat mesin hydra (mesin bor berkekuatan air), 1.000 karung pasir, dan kurang lebih sekitar 300 pekerja. Namun, adapun dampak dari pembangunan ini adalah terhambatnya kereta penumpang via Rammurthypanthulapeta selama kurang lebih tiga setengah jam.

“Penempatan kotak pra-fabrikasi terhitung satu jam, sedangkan menempatkan lembaran beton dasar memakan waktu kurang lebih satu setengah jam, dan keseluruhan konstruksi ini rampung dalam waktu empat setengah jam,” ujar salah satu juru bicara dari East Coast Railway.

Baca Juga: Indian Railways Siap Bangun Jalur Kereta di Atas Ketinggian 10.000 Kaki!

Tentu ini bukanlah satu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, apalagi dalam waktu yang relatif sangat singkat. Normalnya, dibutuhkan waktu sekitar enam hingga delapan jam untuk membangun LHS yang mencakup dua jalur. Tapi kali ini sejarah telah dicatatkan oleh Indian Railways dengna membangun LHS empat jalur dalam kurun waktu kurang dari lima jam saja. Keren!