Ternyata Jus Tomat Dalam Penerbangan Banyak Peminatnya!

Jus tomat, salah satu minuman populer di penerbangan

Saat berada di ketinggian, penumpang pesawat akan kehilangan beberapa persen dari cita rasa makanan yang dimilikinya karena tekanan yang berbeda dengan di darat. Ini membuat penumpang yang memakan makanan mereka sulit merasakan bumbu dari masakan tersebut. Bahkan bisa membuat makanan terasa hambar dan tidak enak untuk di makan.

Baca juga: Sajian Makanan di Pesawat Wajib Ekstra Bumbu, Inilah Alasannya!

KabarPenumpang.com melansir dari laman theguardian.com (12/5/2018), beberapa waktu lalau diketahui United Airlines menghapus jus tomat dalam menunya saat akan menyederhanakan menu dalam kabin dengan penerbangan di bawah empat jam. Tak hanya jus tomat yang hilang, muffins akan menggantikan makanan berat untuk sarapan dan beberapa makanan lain untuk makan siang.

Tetapi meski sempat dihapus, United kembali mengadirkannya sebab, jus tomat merupakan pilihan terbanyak di udara. Hal ini dikarenakan sebagai pilihan minuman di pesawat jus tomat sangatlah berbeda rasanya dibandingkan saat meminumnya di daratan.

Namun tahun 2015 lalu, Robin Dando seorang ahli fisiologi menemukan dimana paparan suara keras seperti mesin jet bisa menghilangkan rasa manis tetapi mengintensifkan rasa umami dalam jus tomat. Lima tahun sebelumnya, Lufthansa yang merupakan maskapai Jerman menugaskan untuk mencari tahu kenapa jus tomat sangat populer di kalangan penumpang pesawat.

Ini dilakukan setelah mereka menyadari telah melayani 53 ribu galon jus tomat per tahun. Peneliti dari Fraunhofer Society mengemukakan bahwa orang akan lebih menikmati jus tomat dipesawat karena indera perasa dan penciuman manusia kurang sensitif di ketinggian.

Sehingga para penumpang bisa menikmati kesegaran jus tanpa rasa yang aneh. Sayangnya Anda tidak tahu kapan troli makanan dan minuman di dorong dekat kursi oleh awak kabin. Minuman biasanya akan diberikan secara gratis dimana penumpang bisa memintanya lebih banyak.

Jus tomat satu-satunya minuman sehat di troli, tidak boros dan berbeda dengan lainnya. Sehingga penumpang lainnya bisa melihat bahwa minuman ini lebih banyak dipesan dan menjadi sebuah tradisi seperti saat Anda makan popcorn di bioskop.

Tetapi mungkin ada alasan lain United menyederhanakan pilihan makanan mereka. Jus tomat sebenarnya minuman yang memiliki banyak serat dan kandungan air yang tinggi sehingga bisa membuat kenyang.

Baca juga: Makanan dan Minuman di Maskapai Berbiaya Rendah Lebih Mahal Hingga 8.900 Persen

Jus tomat bisa dikatakan seperti sup dingin yang diberikan gratis. Juru bicara United mengatakan, dengan semua pnawaran yang diberikan pihaknya, mereka akan memantau umpan balik dari pelanggan dengan apa yang mereka sukai dan disesuaikan secara semestinya.

Ini salah satu hal yang membuat United kembali menghadirkan jus tomat dalam penerbangan mereka.