Tak Pandang Bulu, Langgar Tata Cara Berpakaian Bisa Depak Penumpang dari Penerbangan

Sumber: racked.com

Walaupun tidak ada aturan tertulis yang mengatur tentang cara berpakaian ketika berada di dalam kabin pesawat, namun hal tersebut layaknya tidak dijadikan alasan untuk berpakaian seenaknya. Karena di Indonesia sendiri masih terbilang cukup sensitif untuk masalah tata krama berpakaian, jadi para penumpang seolah sudah mengerti pakaian seperti apa yang harus ia kenakan ketika terbang, yang penting tidak mengumbat aurat.

Baca Juga: Kenakan Pakaian Berlapis-Lapis, Pria Ini Dicekal di Bandara Keflavik!

Pun dengan yang terjadi di luar negeri sana, dimana seorang penumpang dituntut untuk mengenakan pakaian sewajarnya ketika hendak mengudara. Jangan seperti seorang model majalah pria dewasa, Iryna Ivanova yang sampai-sampai dilarang mengudara oleh maskapai JetBlue karena dirinya kedapatan menggunakan pakaian yang tidak senonoh.

Diwartakan KabarPenumpang.com dari laman racked.com (1/6/2018), Iryna kala itu mengenakan rok rajut panjang yang memperlihatkan bagian celana dalamnya. Mungkin dimata para pria hidung belang, pemandangan tersebut sangatlah indah, namun tidak bagi awak kabin yang berupaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak perduli dengan latar belakang yang menggelayuti namanya, Iryna tetap tidak diijinkan untuk mengudara bersama LCC yang bermarkas di New York City ini selama ia masih menggunakan pakaian semacam itu. Iryna berdalih bahwa dirinya membawa celana cut-off namun ia menyangka bahwa celana seperti itu tidak berkenan digunakan di penerbangan.

Namun petugas JetBlue tersebut mengatakan bahwa tidak ada yang salah jika mengenakan celana cut-off, berbanding terbalik dengan literatur yang dibaca oleh Iryna. “Yang penting celana dalam Anda tertutupi,” tukas petugas tersebut. Akhirnya Iryna melapisi rok rajutnya tersebut dengan celana jeans model robek-robek tersebut.

Bahkan, seorang rock-star sekelas Billie Joe Armstrong dari Green Day saja tidak kebal dengan aturan tidak tertulis seperti ini. Pada tahun 2011, vokalis band asal Amerika ini sempat dikeluarkan dari maskapai Southwest karena enggan menaikkan celananya yang melorot, dimana kala itu, celana melorot tengah jadi tren.

Baca Juga: Tanggalkan Pakaian Sebelum Mengudara, Pria Ini Tunda Keberangkatan Pesawat

Etika dan perilaku penumpang dalam berpakaian selayaknya sesuai dengan akidah yang berlaku, tidak memamerkan aurat, dan tidak juga berlebihan. Seperti halnya yang terjadi pada seorang penumpang berhijab lengkap pada tahun 2016 silam, dimana ia terpaksa diamankan petugas keamanan karena disangka salah satu anggota dari kelompok muslim radikal dan dikhawatirkan akan membahayakan penerbangan maskapai JetBlue tersebut.