Serba-Serbi Trem San Francisco yang Melegenda bin Ikonik

Sumber: wikipedia

Selain Jembatan Golden Gate dan Penjara Alcatraz, apa yang membuat kota San Francisco di Amerika Serikat mendunia? Ya, jaringan tremnya! Jaringan kereta trem di kota ini sudah menjadi salah satu ikon yang melekat dari masa ke masa. Ketika di awal kemunculannya pada tahun 1873 silam, trem San Francisco berfungsi sebagai angkutan penumpang, lalu bagaimana kabarnya kini? Apakah masih menjadi tulang punggung transportasi San Francisco?

Baca Juga: Ternyata, Trem Listrik di Jakarta Lebih Dulu Ketimbang di Belanda

Sebagaimana yang dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, adalah Andrew Smith Hallidie, orang pertama yang mengagas hadirnya trem sebagai moda transportasi baru di kota San Francisco pada tahun 1869. Ide tersebut dilatarbelakangi oleh kecelakaan trem yang disaksikan langsung oleh Andrew, dimana pada masa itu, trem masih ditarik oleh kuda.

Empat tahun berselang sejak ide tersebut muncul, tepatnya pada 1 September 1873, layanan trem pertama di San Francisco resmi mengular di Clay Street Hill Railroad. Tidak hanya berperan sebagai penggagas, Adam pun mengambil peran sebagai promotor pada jalur perdana trem di kota ini. Walaupun masih terhitung sangat baru kala itu, namun kehadiran trem yang digagas oleh Adam ternyata meraup kesuksesan dan menjadi template untuk cable car system lain yang ada di San Francisco.

Kesuksesan pada jalur perdananya berbuah manis mana kala jalur-jalut trem baru bermunculan. Sebut saja Sutter Street Railway yang dibuka pada tahun 1877, California Street Cable Railroad (Cal Cable) yang mulai beroperasi pada 1878, Geary Street, Park & Ocean Railway yang mulai mengular pada tahun 1880, dan Market Street Cable Railway yang beroperasi sejak 1883.

Trem San Francisco Jaman Doeloe. Sumber: wikipedia

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman, sistem trem di San Francisco pun turut terseret arus evolusi. Pergantian moda menjadi lebih modern sudah bukan menjadi pemberitaan aneh kala itu. Pertanyaannya, ketika dulu trem berperan sebagai alat angkut penumpang, lalu bagaimanakah kabar dari kereta yang mengular berdampingan dengan kendaraan lain ini? Jawabannya sederhana, trem kini sudah beralih fungsi menjadi alat angkut wisatawan!

Ya, saking melegendanya kendaraan ini, sampai-sampai dijadikan ikon San Francisco, sangat sayang sekali rasanya jika trem dihapuskan begitu saja dari sistem transportasi di kota ini. Maka dari itu, untuk melestarikan kedigdayaan trem pada masa jayanya dulu, San Francisco Municipal Transportation Agency selaku pemilik layanan trem ini mengabadikannya sebagai kereta wisata.

Trem San Francisco Ketika Menanjak. Sumber: pinterest

Baca Juga: Ternyata, Tidak Hanya Bus yang Bertingkat, Trem Juga!

Patut diketahui, kota San Francisco ini sendiri tidaklah seperti kota-kota lain di Amerika Serikat yang didominasi oleh bidang landai, melainkan dipenuhi oleh tanjakkan dan turunan. Jadi, jangan kaget semisal trem San Francisco yang Anda tumpangi akan menempuh medan curam yang mencapai gradien 30 derajat! Selain unik dan sarat akan nilai sejarah, ternyata trem-trem di San Francisco ini juga terhitung handal dan bandel, ya!