Rayakan Ulang Tahun ke-100 , Kereta Ini Didandani Karakter Kartun Thomas!

Sumber: atlasobscura.com

Siapa sih yang tidak kenal karakter kartun berbentuk kereta biru bernama Thomas? Ya, karakter utama dalam serial TV anak-anak berjudul Thomas and Friends (dulu bernama Thomas The Tank Engine and Friends, lalu berganti menjadi Thomas the Tank Engine) ini memang banyak digemari oleh segmen pasarnya dari seluruh dunia. Tapi tahukah Anda, di Inggris ada sebuah Tank Engine yang disulap menyerupai karakter Thomas lho! Penasaran?

Baca Juga: “Pokemon with You Train,” Kereta Tematik Pelipur Duka Anak-Anak Korban Gempa Jepang

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman atlasobscura.com (21/2/2018), adalah Douglas, sebuah kereta dari Gwynedd, Wales Utara yang pada tahun 2018 ini tepat berusia 100 tahun merubah tampilannya hingga menyerupai karakter Thomas the Tank Engine. Pada awal kemunculannya, kereta Douglas ini mengabdi kepada Britain’s Royal Air Force selama 28 tahun pertamanya.

Pada tahun 1954, kereta ini dipindah tugaskan ke Talyllyn Railway, sebuah jalur sempit yang dipelihara di Wales yang membentang sejauh 7.25 mil (11,67km) dari Tywyn di pantai Mid-Wales ke Nant Gwernol dekat desa Abergynolwyn. Selama masa beroperasinya, kereta ini telah digunakan oleh beberapa volunteer, salah satunya adalah Pendeta Wilbert Awdry, pencipta buku ‘Thomas the Tank Engine’.

Namun siapa sangka kebanyakan cerita yang selama ini dipaparkan di film Thomas and Friends merupakan kisah nyata yang diambil semasa Douglas mengabdi kepada Pendeta Wilbert Awdry. Setiap persimpangan yang selalu menjadi latar belakang dari film Thomas and Friends, dimana kereta dengan ciri khas livery biru tersebut bercengkrama dengan teman-temannya sesama tank engine, divisualisasikan oleh Pendeta Wilbert dalam bentuk kartun.

Nah, untuk memperingati 100 tahun pengabdiannya di dunia perkeretaapian Britania Raya, maka Douglas diubah penampilannya sehingga kini ia berbalutkan cat warna biru pada bagian body dan hitam pada bagian mesinnya, persis Thomas. Sebelum di cat warna biru, Douglas sempat di cat dengan warna lain yang juga identik dengan film Thomas and Friends.

Baca Juga: Dari Rusia Hingga Singapura, Inilah Deretan Kereta Tematik Unik dari Seluruh Dunia!

Di dalam filmnya, Thomas digambarkan sebagai lokomotif LB&SCR E2 class yang menggunakan bahan bakar batu bara. Thomas dan beberapa teman lainnya seperti Duncan, Peter, James, dan Skarloey beroperasi di sekitaran North Western Railway, yang menggunakan setting waktu pada tahun 1915 silam. Lucu ya!