Ibu Hamil Berdiri, Penumpang Sehat Duduki Kursi Prioritas di Kereta

Ilustrasi ibu hamil yang duduk di kursi prioritas (The Pool)

Kursi prioritas sebenarnya dikhususkan untuk ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas. Kursi ini bisa di temukan dalam kereta commuter (KRL) bahkan di di dalam bus. Di Jakarta, kursi proritas yang ada di angkutan umum ini jika di KRL maupun di bus TransJakarta berada di dekat pintu.

Baca juga: Wanita Hamil Viralkan Video di MRT dan Jadi Bahan Pembicaraan Netizen Singapura

Hal ini untuk memudahkan penumpang prioritas mendapatkan tempat duduk mereka. Baru-baru ini di Brisbane beredar foto dimana penumpang yang sehat menduduki kursi prioritas sedangkan ada orang tua dan ibu hamil yang membutuhkan kursi tersebut. KabarPenumpang.com melansir dari laman couriermail.com.au (14/3/2018), seorang penumpang Rail Queensland, Jayda Chapman, sedang hamil memfoto para penumpang yang duduk di kursi prioritas dan mengunggahnya ke laman Facebook.

“Tidak ada yang lebih buruk saat hamil 27 minggu dan bahkan saat bertemu dengan petugas kereta api Queensland tidak memberikan kursi yang ditujukan untuk wanita hamil, lansia dan penyandang disabilitas. Betapa tidak sopan duduk di sana bersama pasangannya saat saya sendiri seorang wanita hamil dan orang tua berdiri!! Itu sangat salah!!,” unggah Chapman di halaman Facebooknya.

Penumpang yang duduk di kursi prioritas (www.couriermail.com.au)

Dia juga mengambil foto seorang wanita yang duduk di kursi prioritas dengan tas tangannya serta mouse sembari memainkan laptopnya. Menurut Chapman itu sangatlah mengerikan ketika dirinya harus berdiri, setelah lelah bekerja di kantor dan kaki bengkak di penghujung hari. Saat itu dirinya hanya ingin duduk dan kereta penuh serta tergeser sana sini.

“Memiliki rasa hormat dan melihat sekeliling Anda, saya pikir karena saya hamil, maka saya lebih butuh kursi itu dibandingkan orang-orang lain. Ini benar-benar menganggu saya. Terkadang saya bertanya kepada orang yang duduk apakah keberatan memberi saya duduk. Beberapa dari mereka melihat seperti mengatakan betapa tidak sopannya Anda,” ujar Chapman.

Dia mengatakan, bila berdiri sungguh tidak nyaman karena kehamilannya apalagi menggantungkan tangan dan punggung akan terasa begitu sakit. Namun, tetap saja penumpang lain tidak menggubris dan berpikir sama saja tanpa mmberi duduk.

“Saya hanya ingin membuat mereka sadar ini tidak dapat di terima. Wanita yang membawa anak, orang tua dan ibu hamil, ini cukup sulit dan mereka yang lai tidak peduli sama sekali,” tuturnya.

Karena adanya unggahan dan cerita yang dituliskan Chapman tersebut, Chief Executive Officer Queensland Rail, Nick Easy mengatakan, kecewa mendengar pertemuan Chapman dengan petugas QR dan meminta maaf dengan tulus atas hal tersebut.

“Ini tentunya bukan standar etiket yang kami harapkan dari para karyawan kami. Kami akan mengambil langkah yang tepat untuk menegaskan kembali standar yang kami miliki kepada karyawan,” ujar Easy.

Baca juga: Teganya Penumpang Kereta Bikin Seorang Ibu Menyusui Sambil Berdiri

Seorang juru bicara QR mengatakan, dua foto yang di ambil Chapman merupakan kursi prioritas yang paling dekat dengan pintu keluar kereta.

“Tempat duduk prioritas disediakan di semua kereta api Queensland Rail dan kami meminta agar orang-orang memperhatikan lingkungan mereka serta mengosongkan kursi tersebut untuk sesama penumpang baik itu lansia, ibu hamil, ibu membawa anak ataupun penyandang disabilitas,” jelasnya.