Ding Ding Tram, Moda Transportasi Tertua Sekaligus Termurah di Hong Kong

Sumber: youtube

Bagi Anda yang pernah menonton film Shaolin Soccer yang disutradarai oleh Stephen Chow, mungkin Anda tidak asing dengan moda transportasi yang satu ini. Ya, di film tersebut, moda ini muncul beberapa kali dan berhasil mencuri perhatian para penonton. Bagaimana tidak, ukurannya yang besar dan memiliki warna yang ngejreng membuat moda ini sangat mudah untuk ditangkap mata. Ya, moda ini adalah Hong Kong Ding Ding Tram!

Baca Juga: Eksistensi Peak Tram Hong Kong, Dulu dan Sekarang!

Diketahui, ini merupakan sarana transportasi publik tertua yang ada di Hong Kong. Tidak hanya itu, moda yang sudah ada sejak tahun 1904 ini juga didaulat sebagai yang termurah diantara sarana transportasi publik lainnya. Ada hal unik lainnya yang tertanam di Hong Kong Tram ini, yaitu kata Ding Ding yang disematkan di tengah-tengah namanya. Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apa itu Ding Ding.

Ternyata berdasarkan data yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman nextstophongkong.com, kata Ding Ding ditambahkan warga Hong Kong ke dalam nama moda transportasi ini karena bunyi klaksonnya. Dengan 164 armada yang ada, sang operator – Hong Kong Tramways Ltd. menyediakan enam rute yang membentang sejauh 30km di Hong Kong.

Setiap harinya, sebanyak 200.000 penumpang melintasi 120 stasiun yang tersedia di sepanjang jalur. Tunggu sebentar, mengangkut 200.000 penumpang setiap harinya merupakan angka yang cukup fantastis untuk sebuah moda transportasi publik. Bagaimana tidak, harga yang ditawarkan pihak operator untuk satu tiket dewasa hanyalah HK$2,3 atauberkisar antara Rp4.300 untuk sekali perjalanan. Murah, bukan?

Di awal pengoperasiannya (tahun 1904), tram ini masih menggunakan jenis single deck dan hanya berjumlah 26 unit saja. Namun seiring berjalannya waktu dan peningkatan minat warga Hong Kong, akhirnya Hong Kong Tramways Ltd. mengganti seluruh armadanya menjadi double decker. Perubahan demi perubahan pun terus terjadi pada moda yang satu ini – dimana perubahan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang saat mengendarainya.

Baca Juga: Ternyata, Tidak Hanya Bus yang Bertingkat, Trem Juga!

Bagi Anda yang kebetulan hendak bertolak menuju Hong Kong dan ingin menjajal Hong Kong Ding Ding Tram, terdapat banyak tempat pemberhentian tram di sepanjang jalan, lebih kurang jaraknya setiap 250 meter sekali – Anda dapat menemukan tempat pemberhentian tram. Jam operasionalnya pun tergolong cukup panjang, mulai dari pukul 06.00 hingga tengah malam, dengan interval keberangkatan setiap 1,5 hingga 4 menit sekali dari setiap pemberhentian.