Banyak Pilihan Moda Transportasi, Mudahkan Melancong di Taiwan

Taiwan High Speed ​​Rail (Youtube)

Setiap mengunjungi suatu negara, kota ataupun pulau yang paling dipermasalahkan adalah transportasinya baik untuk menuju ke sana ataupun selama berada di sana. Namun berbeda dengan Taiwan, yang memiliki banyak pulau dengan ibu kotanya di Taipei.

Baca juga: Disneyland Resort Line Hong Kong, Kereta Khusus dengan Nuansa Mickey Mouse

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Taiwan sendiri memiliki banyak moda transportasi yang bisa digunakan. Sehingga para pelancong yang berkunjung ke pulau Formosa ini tidak perlu takut saat menjelajahnya. Ya berikut ini ada beberapa moda transportasi darat yang bisa digunakan pelancong saat melakukan perjalanan di Taiwan selain menggunakan kendaraan sewaan atau taksi.

1. Taiwan High Speed Rail (THSR)
Sistem kereta cepat ini sendiri menghubungkan sepuluh provinsi yang ada di Taiwan yakni dari utara ke selatan. THSR sendri populer dengan sebutan bullet train atau kereta peluru yang melintas di jalur sepanjang 345 km dan terus bertambah. Layanan kereta yang beroperasi pada Januari 2007 ini jalurnya bermula dari Nangnang dan melalui stasiun lainnya yakni Taipei-Banqiao-Taoyuan-Hsinchu-Miaoli-Taichung-Changhua-Yunlin-Chiayi-Tainan dan berhenti di stasiun Zhuoying Kaohsiung. Bila melakukan perjalanan dari Taipen menuju Kaohsiung dengan THSR ini hanya memakan waktu 1 jam 45 menit dari waktu normal 3-4 jam.

2. Mass Rapid Transit (MRT)
Ketika pelancong berada di Taipei atau Kaohsiung, pilihan kereta lokal atau MRT adalah yang tepat. Pelancong bisa mendapatkan informasinya dengan mudah di stasiun, bandara atau toko 7-eleven. Tenang, bagi pelancong yang tidak bisa berbahasa Mandarin, mesin penjualan tiket, rambu dan peta juga tersedia dengan bahasa Inggris. Bila pelancong memilih untuk tinggal di Taipei sementara waktu bisa memiliki EasyCard untuk memudahkan dalam menggunakan angkutan umum yang bisa juga digunakan untuk bus dan taksi.

3.Taiwan Railway Administration (TRA)
TRA sendiri memiliki tiga jakur utama yakni West Line, East Line dan South Link Line. West Line sendiri menghubungkan Pingtung-Kaohsiung-Taichung-Taipei dan Keelung. Eastern Line berangkat dari Shulin via Taipei dan Hualien menuju Taitung. Sementara South-Link Line menghubungkan Kaohsiung dan Taitung. Untuk TRA sendiri ada pilihan tiket yang bisa di beli oleh pelancong. Jika menggunakan keret Tze Chiang maka pilihan otomatis pada kelas eksekutif, kemudian Chua Kuang, kelas yang dipilih adalah bisnis. Sedangkan jika memilih kelas ekonomi adalah menggunakan Local Train.

Baca juga: Bus Tanpa Awak Segera Beroperasi di Taiwan

4. Bus
Selain kereta, di Taiwan pelancong juga bisa menggunakan bus yang siap melayani antar kota dan provinsi serta bus dalam kota. Armada bus yang melayani jarak jauh melewati kota-kota besar seperti Taipei, Taichung dan Kaohsiung. Bepergian dari Taipei ke Taichung bisa menggunakan Dragon Bus, U-Bus atau bus yang lainnya. Sedangkan perjalanan dari Taichung menuju Kaohsiung dapat ditempuh dengan Taichung Bus.

Ada pula pilihan lain pada bus yang akan digunakan pelancong seperti bus wisata yang bisa dipilih namun harus memesan sebelum keberangkatan karena terkait dengan tempat penjemputan, rute serta jadwal yang di sesuaikan. Taipei Double Decker Hop-on Hop-off bus, untuk mendapat layanan bus ini, pelancong harus memesan e-tiket sebelum bepergian menggunakan bus tingkat satu ini. Layanan shuttle transportasi wisata juga memiliki jangkauan rute lebih luas, dengan total sekitar 40 rute. Beberapa rute paling diminati yaitu Yehliu Geopark, Jiufen, Nanzhuang, Sun Moon Lake, Alishan, dan Hengchun. Layanan ini berbasis eco-friendly, selain berwisata Anda pun dapat mendukung perlindungan alam. Jadwal dan tempat keberangkatan shuttle ini berbeda-beda sesuai paket dan rute yang diambil.