Agar Gadget Anda Tangguh Tanpa Boros Baterai? Cari Tahu Caranya di Sini!

Sumber: istimewa

Tidak terasa, sebentar lagi pemberitaan di dalam negeri akan dipenuhi oleh laporan tentang situasi mudik 2018. Bagi Anda semua yang sudah mulai merencanakan untuk pulang ke kampung halaman, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Termasuk rencana untuk membunuh waktu selama perjalanan yang hampir dapat dipastikan akan diwarnai oleh jutaan lampu rem kendaraan bermotor.

Baca Juga: 4 Gadget Canggih Ini Siap Dampingi Perjalanan Anda

Untuk menghabiskan waktu ditengah kemacetan, sebenarnya Anda dapat memaksimalkan gadget yang Anda miliki – mulai dari mendengarkan musik, membaca e-book, hingga bermain games. Rentetan pertanyaan pun mulai datang menghinggapi, “Bagaimana jika baterai gadget kita habis?”, “Berapa buah powerbank yang harus kita siapkan supaya baterai gadget kita tidak mati?”, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, baterai ponsel tidak boros jika hanya digunakan untuk mendengarkan musik atau membaca e-book yang sebelumnya sudah kita unduh. Namun ada beberapa pengaturan yang harus Anda personalisasi terlebih dahulu, seperti mengurangi brightness layar, mematikan mode getar, hingga mempersingkat waktu stand by gadget Anda.

Dihimpun KabarPenumpang.com dari sejumlah laman sumber, penggunaan internet yang kurang stabil faktanya akan mempengaruhi kinerja baterai gadget Anda. Maka dari itu, Anda disarankan untuk mematikan mobile data ketika tengah melakukan perjalanan, dengan tujuan untuk ‘memperpanjang umur’ dari baterai Anda secara keseluruhan.

Jika mobile data sudah mati, maka secara otomatis Anda tidak bisa memainkan games online pada gadget. Cara agar Anda tetap bisa membunuh waktu dengan cara bermain games adalah dengan mengunduh games yang sifatnya offline atau tidak membutuhkan jaringan internet untuk memainkannya. Dengan begitu, Anda tetap bisa memainkan games walaupun mobile data Anda sudah mati.

Jangan lupa untuk menutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan, karena dengan membiarkan mereka terbuka maka sistem akan secara simultan menyedot baterai Anda. Selain beberapa tips di atas, sistem Global Positioning System (GPS) pada gadget Anda pun akan mempengaruhi daya hidup baterai Anda. Maka ada baiknya Anda mematikan sementara sistem GPS dan kembali menghidupkannya ketika sudah sampai di tujuan.

Usahakan untuk memangkas widgets yang mejeng di layar utama gadget Anda. Dikutip dari laman jalantikus.com, semakin banyak widgets yang ada pada layar utama gadget Anda, maka semakin boros pula penggunaan baterainya.

Baca Juga: Meski Tak Signifikan, Dengan Airplane Mode Waktu Pengisiaan Baterai Smartphone Jadi Lebih Cepat

Satu hal yang tidak kalah penting adalah mengoptimalkan kondisi baterai Anda adalah dengan cara mengefisiensi waktu pengisian daya. Diketahui, ada dua jenis baterai yang biasa digunakan oleh gadget dewasa ini, yaitu baterai berbahan lithium dan nickel. Secara umum, baterai berbahan nickel lebih awet ketimbang yang berbahan lithium.

Tentu saja, perawatan dari kedua jenis baterai ini pun berbeda. Jika gadget Anda menggunakan baterai berbahan nickel, maka upayakan untuk mengisi penuh terlebih dahulu daya baterai Anda sebelum digunakan. Berbeda dengan baterai lithium yang disarankan untuk mengisi daya sesering mungkin untuk mempertahankan kapasitas asli dari baterainya.