Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanThai Smile Bus, Operator Bus di Bangkok Gunakan Teknologi AI dan GPS...

Thai Smile Bus, Operator Bus di Bangkok Gunakan Teknologi AI dan GPS Pastikan Penumpang Tidak Salah Halte

Thai Smile Bus, operator bus listrik swasta di Bangkok, Thailand yang mengoperasikan lebih dari 2.500 bus, diwartakan mulai mengadopsi teknologi kecerdasan buatan atau Artificial intelligence (AI) dan Global Positioning System (GPS) untuk memastikan penumpang tidak akan pernah melewatkian satu halte pun di jaringan Thai Smile Bus.

Baca juga: Demi Aman dan Nyaman, Bus di India Ini Gunakan Teknologi Pemindai Wajah

“Dengan kombinasi AI dan GPS, maka sistem notifikasi dapat memberi tahu penumpang tentang halte bus yang akan datang. Misalnya, penumpang akan diberi tahu bahwa halte berikutnya adalah Monumen Kemenangan,” kata CEO perusahaan Kulpornpath Wongmajarapinya pada hari Kamis.

AI dan GPS memastikan Anda tidak akan pernah melewatkan satu halte pun di bus Thai Smile Bangkok. Bus-bus ini juga telah dipasangi sistem bantuan pengemudi yang canggih dan perangkat status pengemudi untuk memberi tahu pengemudi jika perilaku mereka dapat memicu kecelakaan.

Misalnya, katanya, pengemudi akan menerima pemberitahuan untuk tidak menggunakan telepon pintar dan berhati-hati saat menyeberang jalan, seraya menambahkan bahwa penumpang juga akan disarankan untuk berhati-hati saat turun.

Kulpornpath mengatakan fitur-fitur lain telah diterapkan pada bus-bus tersebut seperti sistem manajemen armada bertenaga AI, kamera keamanan, loket penumpang, sistem tiket elektronik, lampu pembasmi kuman, dan perekam video digital seluler. “Perusahaan juga melatih staf bus untuk meningkatkan efisiensi, sehingga layanannya sesuai dengan standar internasional,” tambahnya.

Thai Smile Bus adalah operator bus listrik swasta di Thailand yang saat ini mengoperasikan lebih dari 2.500 bus, termasuk 2.017 bus listrik dan sisanya adalah bus berbahan bakar gas alam. Perusahaan ini memiliki rencana untuk menambah lebih dari 1.000 bus listrik baru pada akhir tahun 2023, sehingga total armada bus listriknya akan mencapai 3.100 unit​.

Thai Smile Bus juga berencana untuk memperluas rute bus listriknya hingga mencakup 122 rute di wilayah metropolitan Bangkok. Mereka bertujuan untuk menjadi operator bus terbesar di kota tersebut, melampaui Bangkok Mass Transit Authority (BMTA) yang saat ini memiliki sekitar 2.885 kendaraan di 119 rute​.

Isuzu Tampilkan “Erga EV” – Bus Listrik Pertama dengan Lantai Datar

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru