Saturday, October 26, 2024
HomeDestinasiFenomenal Tapi Jarang Diketahui, Inilah Lima Stasiun Komuter yang Dibangun di Atas...

Fenomenal Tapi Jarang Diketahui, Inilah Lima Stasiun Komuter yang Dibangun di Atas Jembatan

Di Indonesia sepertinya tidak ada, tapi di luar negeri (meski terbilang langka), ada beberapa stasiun kereta komuter yang dibangun di atas jembatan. Adanya stasiun di atas jembatan tentu dilatarbelakangi beberapa alasan, seperti tingkat kepadatan penumpang di suatu area sampai karena keterbatasan lahan.

Baca juga: Inilah 10 Stasiun Bawah Tanah Terpadat di Dunia

Ada beberapa stasiun kereta yang dibangun di atas jembatan di berbagai belahan dunia, meskipun ini adalah fenomena yang relatif jarang. Berikut adalah beberapa contoh terkenal:

1. Stasiun Blackfriars (London, Inggris)
Stasiun ini adalah bagian dari jembatan Blackfriars Bridge yang melintasi Sungai Thames di London. Stasiun ini mengalami renovasi besar-besaran dan diperluas di atas sungai, sehingga sebagian besar peron dan stasiun berada di atas jembatan. Ini adalah satu-satunya stasiun di London yang terletak di atas sungai Thames.

2. Stasiun Düsseldorf Hamm (Jerman)
Stasiun ini terletak di atas Jembatan Hamm, sebuah jembatan yang membentang di atas Sungai Rhine di Düsseldorf, Jerman. Stasiun ini melayani lalu lintas kereta komuter.

Stasiun Düsseldorf Hamm (Jerman)

3. Stasiun Hamburg Elbbrücken (Jerman)
Terletak di atas jembatan Elbbrücken yang melintasi Sungai Elbe di Hamburg, stasiun ini melayani jalur kereta S-Bahn dan U-Bahn. Stasiun ini memiliki desain modern dengan atap kaca melengkung dan menawarkan pemandangan spektakuler dari sungai.

Stasiun Hamburg Elbbrücken (Jerman)

4. Stasiun Gare de Lyon (Paris, Prancis)
Stasiun ini sebagian terletak di atas jembatan yang membentang di atas Sungai Seine di Paris. Meskipun tidak sepenuhnya berada di atas jembatan, bagian dari struktur stasiun ini melintasi sungai, dan kereta yang datang dari arah selatan Paris melintasi jembatan ini sebelum tiba di stasiun.

5. Stasiun Charing Cross (London, Inggris)
Bagian dari stasiun ini berada di atas Hungerford Bridge, yang melintasi Sungai Thames. Kereta yang melayani stasiun ini melintasi jembatan sebelum tiba atau setelah berangkat dari stasiun.

Pembangunan stasiun di atas jembatan umumnya dilakukan di daerah urban yang sangat padat, di mana ruang untuk infrastruktur transportasi terbatas. Stasiun-stasiun ini sering kali menawarkan pemandangan unik dari sungai atau kota di sekitarnya.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru