Saturday, October 26, 2024
HomeBandaraPrabowo Tiba di Moskow via Bandara Vnukovo, Inilah Bandara Internasional Sekaligus 'Kepresidenan'

Prabowo Tiba di Moskow via Bandara Vnukovo, Inilah Bandara Internasional Sekaligus ‘Kepresidenan’

Dalam lawatan kerja ke luar negeri, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, beserta delegasi tiba di Bandara Vnukovo, Moskow, Selasa (30/7), pada pukul 20.30 waktu setempat. Kedatangan Menhan RI disambut hangat oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia merangkap Belarus, Jose Antonio Morato Tavares.

Baca juga: Bukan Sekedar Urusan Transportasi Warga, Ini Alasan Moskow Punya Tujuh Bandara

Yang menarik dari kunjungan di atas adalah Bandara Vnukovo, yang mana penulis pernah berkesempatan meninggalkan Moskow dari bandara ini. Bandara Vnukovo, salah satu dari tiga bandara utama di Moskow, total di Moskow ada tujuh bandara. Bandara Vnukovo didirikan pada tahun 1936, dengan tujuan awal sebagai bandara militer. Lokasinya di pinggiran barat daya Moskow dipilih karena strategis dan memungkinkan untuk ekspansi.

Setelah perang, bandara ini beralih ke penggunaan sipil, melayani penerbangan komersial. Pada dekade 1960-an dan 1970-an, Vnukovo mengalami ekspansi besar-besaran, termasuk pembangunan terminal baru dan peningkatan fasilitas untuk menangani pesawat jet yang lebih besar.

Setelah runtuhnya Uni Soviet pada awal 1990-an, Vnukovo tetap menjadi salah satu bandara utama di Rusia, melayani penerbangan domestik dan internasional. Pada awal 2000-an, Bandara Vnukovo menjalani proyek modernisasi besar. Terminal baru dibangun, dan fasilitas lainnya ditingkatkan untuk meningkatkan kapasitas dan pelayanan. Terminal internasional baru, Vnukovo-1, dibuka pada tahun 2010, menyediakan fasilitas modern dan meningkatkan kapasitas penumpang.

 

Saat ini, Bandara Vnukovo adalah salah satu bandara tersibuk di Rusia, melayani penerbangan domestik dan internasional. Selain melayani maskapai komersial, Vnukovo juga berfungsi sebagai pangkalan untuk penerbangan pemerintahan dan presiden Rusia.

Beberapa maskapai asing yang melayani penerbangan di Bandara Vnukovo (VKO) di Moskow adalah Turkish Airlines, Flydubai, Air Arabia, Azerbaijan Airlines, Belavia, dan Pegasus Airlines. Penulis sendiri pernah menggunakan jasa penerbangan Flydubai menuju Dubai di Uni Emirat Arab. Penerbangan Flydubai dari Vnukovo dilayani pesawat regional narrow body Boeing 737 Max series.

 

Dari spesifikasi, Bandara Vnukovo yang terletak sekitar 28 km barat daya pusat kota Moskow, punya dua landas pacu, runway 06/24 dengan panjang 3.060 meter dan runway 01/19 dengan panjang 3.500 meter. Vnikovo melayani lebih dari 20 juta penumpang per tahun.

Tersedia berbagai pilihan transportasi menuju dan dari bandara, termasuk kereta api Aeroexpress yang menghubungkan bandara dengan pusat kota Moskow dalam waktu sekitar 35 menit, serta layanan bus, taksi, dan layanan rideshare.

Ilyushin Il-18 Coot. Pesawat Pertama Aeroflot yang Melayani Penerbangan Moskow – Jakarta

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru