Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanJaringan Kereta Cepat TGV Diserang Teror Pembakaran di Samping Rel, Layanan Terganggu...

Jaringan Kereta Cepat TGV Diserang Teror Pembakaran di Samping Rel, Layanan Terganggu Parah

Olimpiade Paris 2024 telah resmi digelar sejak 26 Juli lalu. Lantaran menjadi venue besar berkala internasional, sudah barang tentu Paris dan sekitarnya mendapat pengamanan super ketat, maklum ancaman serangan teror dapat berpotensi terjadi dalam olimpiade. Namun, siapa sangka justru ada aksi sabotase yang dilakukan justru dilakukan di luar kota Paris.

Baca juga: TGV Bersejarah Tampil di Praha, Promosikan Jaringan Kereta Cepat di Ceko

Aksi sabotase yang dimaksud adalah dengan upaya mengganggu layanan kereta api berkecepatan tinggi (TGV). Seperti dikutip railway-technology.com (29/7/2024), kekacauan telah terjadi di jaringan rel kereta berkecepatan tinggi TGV akibat adanya serangkaian pembakaran sisi jaringan rel keret.

Meski Perancis saat ini tengah memasuki masa musim panas, namun kebakaran yang terjadi pada sisi rel disebut karena kebakaran yang disengaja. Sejauh ini belum diketahui, siapa yang bertanggung jawab atas insiden tersebut.

Jaringan kereta api berkecepatan tinggi Perancis biasanya membuat iri negara-negara tetangganya di Eropa, tetapi menjelang ujian terbesarnya yang pernah ada – Olimpiade Paris 2024 – jaringan tersebut dilanda serangan pembakaran yang tampaknya menyebabkan kekacauan di seluruh jaringan.

Pada malam tanggal 25 Juli, malam sebelum Olimpiade dimulai, serangkaian kebakaran terjadi di infrastruktur jalur kereta api berkecepatan tinggi TGV. Kebakaran tersebut dengan cepat diidentifikasi sebagai pembakaran, dan penyelidikan kriminal diluncurkan bersamaan dengan pekerjaan perbaikan darurat.

Kebakaran terjadi di infrastruktur kabel di sisi rel pada empat jalur, tetapi hanya tiga yang terdapak – Jalur Atlantik, Utara, dan Timur. Kebakaran lebih lanjut dimaksudkan untuk mengganggu jalur selatan ke wilayah Alpen-Maritimes, tetapi tidak menyebabkan kerusakan yang sama.

Namun, layanan dari dan ke Paris dan kota-kota seperti Brest, Bordeaux, Nantes, Lille, dan Strasbourg terganggu parah. Layanan penumpang di seluruh Prancis tertunda dan dibatalkan, sementara layanan internasional ke Inggris, Jerman, dan Belgia juga terganggu.

Serupa Tapi Tidak Sama, Inilah Perbedaan Mendasar Antara TGV dan Shinkansen

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru