Saturday, October 26, 2024
HomeAnalisa AngkutanWaspada! Lima Rute Penerbangan ini Terkenal dengan Turbulensi Parah

Waspada! Lima Rute Penerbangan ini Terkenal dengan Turbulensi Parah

Turbulensi ekstrim atau parah kini menjadi momok dalam layanan penerbangan, khususnya pada clear air turbulance yang dapat terjadi tanpa diduga pada cuaca cerah. Meski turbulensi dapat terjadi kapan dan di mana saja, namun ada beberapa rute yang melintasi wilayah dengan turbulens sedang dan ekstrim.

Baca juga: Hindari Dampak Turbulensi, Korean Air Hentikan Layanan Kabin Lebih Awal Jelang Pendaratan

Rute penerbangan yang paling banyak mengalami turbulensi parah biasanya adalah yang melintasi area dengan kondisi atmosfer yang tidak stabil, seperti jalur yang melewati pegunungan tinggi, daerah tropis, atau wilayah yang sering dilanda badai. Beberapa rute terkenal yang sering mengalami turbulensi adalah:

1. Rute melintasi Samudra Atlantik Utara
Banyak penerbangan lintas-Atlantik antara Amerika Utara dan Eropa melewati wilayah ini, yang sering terkena turbulensi udara jernih (clear-air turbulence) akibat pertemuan arus jet.

2. Rute di atas Pegunungan Rocky
Penerbangan domestik di Amerika Serikat yang melintasi Pegunungan Rocky sering mengalami turbulensi karena udara yang mengalir di atas pegunungan menciptakan gelombang udara yang tidak stabil.

3. Rute di sekitar kawasan tropis
Penerbangan yang melintasi wilayah tropis, terutama selama musim badai atau hujan lebat, sering mengalami turbulensi karena aktivitas konveksi yang kuat dan badai petir.

4. Rute melintasi kawasan Asia Tenggara
Penerbangan di wilayah ini, terutama selama musim monsun, dapat menghadapi turbulensi karena badai petir yang sering terjadi.

5. Rute melintasi Himalaya
Penerbangan di sekitar kawasan ini bisa mengalami turbulensi yang signifikan karena adanya aliran udara yang kuat di atas pegunungan tinggi.

Penerbangan komersial biasanya direncanakan untuk menghindari area dengan turbulensi parah bila memungkinkan, dan pilot dilatih untuk menangani turbulensi serta meminimalkan dampaknya bagi penumpang.

Marak Turbulensi Ekstrim, Emirates Rilis Video Keselamatan Terbaru yang Lebih “To The Point”

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru